Pages Menu
TwitterRssFacebook
Categories Menu

Posted by on May 26, 2018 in Articles | 0 comments

Tahapan Kesuksesan (Rahasia Menjadi Motivator)

Tahapan Kesuksesan (Rahasia Menjadi Motivator)

  1. Perencanaan

Untuk mencapai suatu kesuksesan tentu dibutuhkan suatu perencanaan, seperti menjadi seorang motivator dalam melakukan training motivasi yang sukses dibutuhkan perencanaan yang baik atau pekerjaan lainnya. Sukses adalah prestasi yang diraih pada akhir usaha. Definisi sukses Anda haruslah personal;definisi ini bisa saja akan berbeda dengan definisi orang lain. Karena itu Anda harus mempunyai batas pada pikiran Anda. Sebelum Anda mencapai batas tersebut Anda harus tahu dari mana Anda memulainya. Tanyakan pada diri Anda sendiri pertanyaan-pertanyaanberikut:

  • Apakah yang kuinginkan tahun ini?
  • Apakah yang kuinginkan dalam lima tahun ke depan?
  • Apa yang kuinginkan dalam hidupku?
  • Suatu saat jika aku mempunyai kesempatan, aku akan….?

Menimbang Resiko: Anda tidak akan mendapatkan sesuatu yang sia-sia di dunia ini. Penting adanya untuk mengetahui bahwa pasti ada harga yang harus dibayar untuk semua itu. Apakah Anda siap untuk membayar harga dari sebuah kesuksesan?

Komitmen: Untuk mencapai definisi Anda akan kesuksesan Anda harus berkomitmen. Seberapa berkomitmenkah Anda?. Apabila Anda telah siap untuk menanggung risiko, berarti Anda telah berpikir bahwa apa yang Anda lakukan pantas untuk dikerjakan dan Anda harus berkomitmen.

Penepatan Target: Untuk mencapai definisi sukses Anda harus menetapkan Target. Target adalah batu pijakan Anda dalam meraih definisi sukses Anda.

  1. Pengambilan Tindakan

JUST DO IT: Ketika Anda mengambil tindakan, perubahan akan berperan di dalamnya. Hadapi perubahan dengan mengambil usaha, carilah cara-cara yang lebih produktif untuk melampiaskan energi Anda.

Apabila Anda mengalami perubahan, Anda akan melewati serangkaian fase sebagai  berikut:

  • Shock yaitu, segala sesuatu tampak tidak dapat diprediksi dan tidak terkendali.
  • Pertentangan yaitu, Anda akan melihat ke masa lalu, membiarkan perasaan kembali memegang kendali untuk sementara.
  • Kemarahan atau Frustasi yaitu, realisasi bertahap dari perubahan yang terjadi membuat Anda bingung tentang apa yang harus dilakukan dan bagaimana caranya menyesuaikan diri.
  • Kehilangan Kepercayaan diri atau Depresi yaitu, Perasaan Anda memegang kendali akan semakin berkurang yang mengakibatkan perasaan ketidakberdayaan.
  1. Ketekunan

Tentunya dalam melakukan segala sesuatu kita harus melakukannya dengan ketekunan, karena ketekunan dan ketetapan sendiri sangat berpengaruh.

  • Ketekunan dalam merencanakan tindakan-tindakan Anda.
  • Ketekunan dalam belajar dari umpan balik yang diakibatkan oleh tindakan-tindakan Anda.
  • Dan yang paling penting , Ketekunan untuk terus bertahan saat keluarga dan teman-teman Anda menonjolkan ‘kegagalan’(umpan balik negatif) Anda.

Demikian dari saya Ongky Hojanto

Pakar Public Speaking Indonesia versi Koran Kontan

Penulis buku best seller Public Speaking Mastery

Mau tingkatkan kemampuan public speaking anda ? Klik www.publicspeakingacademy.co.id

Dan anda bisa konsultasi workshop public speaking ke :

Ms Eli 08113440909 /Ms Tya 08113490909

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *