Ongky Hojanto – Motivator, Pembicara, Coach, Motivator Indonesia, Public Speaking, NLP,

Motivator | Pembicara | Public Speaking “Bersikap tegas, bukan berarti marah.” – Orang Bijak

Saat Anda tengah melakukan sebuah presentasi atau public speaking pasti ada kalanya ada suatu kelas yang sulit Anda taklukkan. Peserta yang sulit diatur dan tidak mengikuti arahan serta aturan yang Anda buat sebagai pembicara. Hal ini tentunya akan membuat Anda merasa kesal dan tidak dihargai karena audiens atau peserta Anda sibuk dengan dunianya sendiri.

Terkadang, keinginan untuk menegur prilaku mereka Anda urungkan karena merasa hal tersebut justru akan membuat audiens Anda menjadi tidak nyaman dan merasa Anda tengah memarahi mereka. Namun, disaat ini lah Anda harus bisa bersikap tegas jika ingin presentasi Anda berjalan lancar sesuai dengan rencana awal.


Baca juga : Menaikkan BBM Dalam Presentasi

Tegaslah dalam hal ini kepada audiens Anda :

1. Buat aturan main

Sebelum memulai kelas, buatlah sebuah aturan main atau ketentuan-ketentuan yang harus diikuti oleh audiens Anda selama kelas berlangsung. Seperti dilarang berbicara jika tidak perlu, dilarang makan sebelum waktu yang ditentukan, ataupun dilarang tidur selama kelas. Aturan main ini dibuat untuk kepentingan audiens Anda agar dapat menerima materi yang Anda bawakan dengan maksimal.

2. Tegur dan berikan sanksi

Jangan sungkan atau ragu untuk menegur audiens Anda yang melanggar aturan main sesuai kesepakatan pada awal kelas dimulai. Tegur audiens Anda satu dua kali untuk memberikan mereka peringatan bahwa Anda tidak main-main dengan aturan main yang sudah dibuat, namun bila audiens Anda tetap melakukan hal yang sama maka Anda bisa memberikan sanksi kepada mereka sebagai efek jera.

3. Hindari memberikan pengecualian

Jangan beri pengecualian untuk setiap pelanggaran yang keluar dari kesepakatan awal yang Anda dan audiens buat sebelumnya sehingg audiens Anda dapat paham dan mengerti pentingnya menegakkan dan menaati setiap aturan yang sudah dibuat.

Berjanjilah kepada diri Anda bahwa Anda akan menjadi tegas demi berlangsungnya kelas yang sedang Anda pimpin sehingga audiens Anda dapat belajar bahwa menjadi seorang pembicara bukan hanya sekedar membawakan materi presentasi namun juga bagaimana mengatur manusia yang hadir dalam kelas tersebut.


Semoga bermanfaat!

LinkedIn
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Latest Post

Get My Books

Best seller books
0
Silahkan berikan komentar Andax
()
x