Ongky Hojanto – Motivator, Pembicara, Coach, Motivator Indonesia, Public Speaking, NLP,

Teknik ADDIE Dalam Menyusun Pelatihan

“If you want to build the business, build the people” – Brownie Wise.


Motivator | Motivator Indonesia | Pembicara | Teknik ADDIE Dalam Menyusun Pelatihan


Sumber daya manusia yang memiliki skill dan juga pengetahuan di bidangnya sangat dibutuhkan di tengah ketatnya persaingan di berbagai bidang pada era globalisasi ini. Dalam upaya peningkatan dan juga pengembangan sumber daya manusia, human development khususnya perusahaan atau organisasi training & development berperan penting untuk bisa mewujudkannya.


Ada banyak metode yang dapat Anda gunakan dalam melakukan sebuah pelatihan dan juga pengembangan dengan efektif, salah satunya ada ADDIE model. Dengan menggunakan ADDIE model ini Anda akan memberikan pendekatan pada audiens Anda yang berfokus pada pemberian umpan balik untuk perbaikan terus-menerus. Lalu sebetulnya apa yang dimaksud dengan teknik ADDIE model dalam menyusun pelatihan?


Baca juga : 3 Cara Menjadi Kaya Ala Paul Getty
Berikut adalah teknik ADDIE model dalam menyusun pelatihan :


1. Analyzing Your Audience
Anda harus melakukan analisa kepada para audiens yang hadir pada pelatihan yang Anda bawakan. Mulai dari mencari tahu siapa saja audiens Anda, bagaimana tingkatan-tingkatan pendidikannya, hingga masalah apa yang Mereka alami seputar dengan topik yang akan Anda bawakan.


2. Design Materi Anda
Sebelum melakukan pelatihan, Anda harus mendesign atau membuat simulasi dari materi pelatihan yang akan Anda bawakan nanti. Dengan mendesign materi ini, nantinya akan memudahkan Anda untuk menyampaikan poin-poin penting atau inti materi dari pelatihan Anda kepada audiens yang hadir.


3. Develop
Setelah selesai mendesign materi yang akan Anda bawakan pada saat pelatihan nanti maka Anda bisa mengembangkan materi pelatihan tersebut sehingga cocok dengan kebutuhan audiens yang akan hadir pada pelatihan tersebut.


4. Implementasikan Materi Anda
Mintalah kepada para audiens Anda yang hadir di acara pelatihan tersebut untuk mengimplementasikan, menerapkan, dan juga melaksanakan apa saja poin-poin yang sudah Anda sampaikan selama pelatihan tersebut berlangung. Hal ini berguna agar apa yang sudah Anda rancanakan menjadi tujuan dari pelatihan tersebut dapat terwujud dengan baik.


5. Evaluasi Pelatihan Anda
Bahkan jika Anda adalah seorang pembicara atau master dalam bidang tersebut, Anda tetap perlu melakukan evaluasi dari pelatihan yang sudah Anda bawakan. Dengan melakukan Evaluasi, kedepannya Anda akan dapat melakukan perbaikan dalam pelatihan yang Anda bawakan.


Menjadi seorang human development bukanlah sebuah hal yang mudah, namun hal ini adalah sebuah pekerjaan yang mulia karena Anda dapat membantu banyak orang mengembangkan dirinya sesuai dengan apa yang diinginkan. Ayo terapkan ADDIE Model yang sudah dibahas diatas dalam pelatihan Anda agar pelatihan Anda menjadi lebih berkualitas. Dan mari tingkatkan kemampuan diri Anda dengan klik https://ongkyhojanto.com/ atau untuk menanyakan mengenai Training Motivation Mastery atau Training Public Speaking silahkan hubungi Ms. Ivena 0811 3440 909.


Demikian Saya Ongky Hojanto
Pakar Public Speaking Indonesia versi koran Kontan
Pemenang Indonesia Outstanding Instructor Award 2020 Versi Skill Academy
Penulis Buku Best Seller Public Speaking Mastery Versi Gramedia Pustaka Utama
Founder Public Speaking Academy


Klik Disini : Bangkit dari kegagalan
Semoga bermanfaat!

LinkedIn
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Latest Post

Get My Books

Best seller books
0
Silahkan berikan komentar Andax
()
x