Ongky Hojanto – Motivator, Pembicara, Coach, Motivator Indonesia, Public Speaking, NLP,

Cara Menyusun Isi Presentasi Dengan Teknik Masalah Solusi #Cara 3

Menurut Kompas.com edisi 15 Mei 2022, kemampuan public speaking akan sangat bermanfaat untuk mempermudah pembangunan relasi dan koneksi bisnis.


Pembicara | Public Speaking | Public Speaking Indonesia | Teknik Masalah Solusi | Motivasi | Motivator | Motivator Indonesia

Dengan terbangunnya relasi dan koneksi bisnis yang baru maka pasti akan berdampak positif terhadap peningkatan karir Anda. Hal tersebut sejalan dengan Survei dari ilmuwan dan riset suatu institut lembaga survei di Amerika, dimana Mereka melakukan survei kepada ratusan dan ribuan orang tentang apa faktor terpenting yang membantu Mereka sukses dalam pekerjaan Mereka. 80% mengatakan bahwa softskill adalah faktor terpenting yang membantu Mereka sukses dan salah satu komponen softskill yang terpenting adalah kemampuan komunikasi atau public speaking.

Namun celakanya tidak semua orang memiliki kemampuan public speaking yang baik. Terkadang Mereka masih bingung, bagaimana cara memulai suatu presentasi, bagaimana cara membuat isi presentasi yang menarik dan mudah dipahami, atau bagaimana caranya menutup presentasi yang Mereka bawakan dengan menarik dan elegan. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini Saya akan kembali membahas terkait bagaimana cara menyusun isi presentasi dengan teknik masalah solusi menggunakan cara ketiga. Perhatikan dan simaklah, sehingga presentasi atau public speaking Anda dapat menjadi jauh lebih menarik dan mudah dipahami !

Baca Juga : Cara Menyusun Isi Presentasi Dengan Teknik Masalah Solusi #Cara 2

3. Masalah Dan Solusi Jenis 3 ( 3 Masalah, 1 Solusi )

Pada penyusunan isi presentasi dengan teknik masalah solusi yang ketiga Anda akan diajak menyusun dengan pola masalah – masalah – masalah – solusi. Contoh :

a. Masalah 1

Dalam public speaking hal yang menjadi masalah utama adalah rasa takut ketika akan melakukan public speaking bahkan hasil survei yang dilakukan oleh YouGov menyatakan bahwa public speaking merupakan hal yang paling menakutkan nomor 3 di Inggris.

Masalah 2

Masalah selanjutnya yang dialami dalam public speaking adalah isi presentasi yang tidak jelas.

Masalah 3

Masalah terakhir yang sering dialami dalam public speaking adalah kakunya bahasa tubuh sang pembicara.

b. Solusi 1

Maka untuk mengatasi rasa takut bangunlah kepercayaan diri dengan melakukan persiapan yang matang sebelum presentasi (latihan adalah kunci dari persiapan), sesuaikanlah diri Anda dengan suasana dan tempat yang nantinya akan Anda gunakan untuk presentasi, ubahlah bahasa tubuh Anda menjadi lebih terbuka, cobalah untuk tersenyum dan lihat ke atas, serta lakukanlah pemanasan, cobalah untuk berinteraksi atau berkomunikasi dengan audience Anda sehingga organ bicara Anda dapat lebih panas dan dapat dengan lebih mudah untuk berbicara.

Dan untuk mengatasi isi presentasi yang tidak jelas maka Anda harus menyusun materi presentasi Anda dengan berurutan dimulai dari kalimat pembuka, isi presentasi dan kalimat penutup. Yang terakhir untuk dapat mengatasi bahasa tubuh yang kaku maka cobalah latih gerakan tangan Anda, buatlah gerakan tangan yang variatif. Perhatikan voice Anda, pastikan suara Anda dapat terdengar dengan jelas oleh audiens dan pengucapannya clear. Tataplah audience Anda secara bergantian dan perhatikanlah basic position Anda ketika sementara menyampaikan presentasi. Dan pastikanlah kaki Anda dapat berdiri dengan kokoh.

Public speaking adalah keterampilan yang bisa dipelajari. Mari Tingkatkan kemampuan diri Anda dengan klik publicspeakingacademy.co.id atau Untuk menanyakan mengenai Training Motivation Mastery atau Training Public Speaking silahkan hubungi Ms. Ivena 0811 3440 909.

Demikian Saya Ongky Hojanto

Pakar Public Speaking Indonesia versi koran Kontan

Penulis Buku Best Seller Public Speaking Mastery Versi Gramedia Pustaka Utama

Founder Public Speaking Academy

Klik Disini : Bangkit dari kegagalan

Semoga bermanfaat !

LinkedIn
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Latest Post

Get My Books

Best seller books
0
Silahkan berikan komentar Andax
()
x