Ongky Hojanto – Motivator, Pembicara, Coach, Motivator Indonesia, Public Speaking, NLP,

Teknik Meminta Audiens Menyalakan Kamera

Motivator | Pembicara | Public Speaking Saat Anda membawakan sebuah presentasi secara online melaluo zoom meeting ataupun google meeting, tentunya Anda ingin agar semua audiens atau peserta yang hadir pada acara tersebut memunculkan wajah, mengaktifkan kamera dan juga video mereka sehingga Anda bisa menatap wajah dari audiens Anda tersebut.

Berbicara di kelas online tanpa adanya tampilan wajah dari audiens Anda membuat kelas tersebut menjadi kurang asik dan terasa sepi. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk meminta audiens yang hadir pada kelas tersebut untuk menyalakan kamera.


Baca juga : Teknik membuat presentasi Impromtu

3 hal ini dapat membantu Anda untuk mewujudkannya :

1. Memberikan hadiah

Anda dapat mengumumkan saat awal kelas dimulai bahwa bagi siapa saja peserta yang menyalakan kameranya selama acara berlangsung maka akan mendapatkan hadiah dari Anda di akhir sesi. Baik itu berupa buku, tas, atau hal lainnya.

2. Menjelaskan manfaat

Selain memberikan hadiah di akhir kelas nanti, untuk memancing audiens menyalakan kameranya Anda juga bisa memberi tahu kepada mereka apa saja manfaat yang akan mereka peroleh ketika mereka menyalakan fungsi kamera atau video selama kelas berlangsung. Seperti meminimalisir rasa kantuk atau meningkatkan konsentrasi.

3. Menyapa peserta

Sapalah semua peserta atau audiens Anda yang belum menyalakan video dan kameranya saat Anda sudah memulai kelas tersebut. Setelah disapa mereka biasanya akan merasa malu dan terpanggil untuk segera menyalakan kamera.

Membuat audiens Anda tertib untuk menyalakan kamera adalah sebuah hal yang tidak mudah. Rasa malu atau gugup seringnya mendominasi diri mereka sehingga mereka enggan untuk memunculkan wajahnya dihadapan Anda dan juga audiens yang lainnya.

Ayo terapkan ketiga teknik diatas agar audiens Anda mau menyalakan kameranya dan kelas online Anda menjadi ramai serta menarik.

Semoga bermanfaat!

LinkedIn
5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Latest Post

Get My Books

Best seller books
0
Silahkan berikan komentar Andax
()
x