Ongky Hojanto – Motivator, Pembicara, Coach, Motivator Indonesia, Public Speaking, NLP,

Teknik Menyusun Public Speaking

“Bukan masalah seberapa bagus presentasi Anda atau betapa menariknya slide PowerPoint yang Anda buat, jika presentasi Anda tidak didasarkan pada pesan yang solid, maka presentasi Anda tidak akan dapat berhasil” – Garr Reynolds pakar presentasi, penulis buku Presentation Zen.


Pembicara | Public Speaking | Public Speaking Indonesia | Teknik Menyusun Public Speaking | Motivasi | Motivator | Motivator Indonesia

Maksud dari pesan yang solid adalah adalah pesan yang disampaikan dapat memenuhi kebutuhan khalayak, sesuai dengan waktu yang tersedia, terstruktur dengan baik dan mengandung isi yang kuat dan kohesif sehingga membuat khalayak terkesan. Salah satu hal penting saat membawakan public speaking adalah dapat menyusun isi public speaking Anda secara menarik, mudah dipahami dan juga memiliki landasan data sehingga terhindar dari hoax/ berita bohong. Penyusunan materi yang menarik dan memiliki landasan data yang kuat akan sangat bermanfaat untuk membantu Anda memengaruhi, menginspirasi, dan mengkomunikasikan ide Anda dengan baik kepada orang lain. Lalu bagaimana cara menyusun presentasi yang menarik dan mudah dipahami?

Baca Juga : Penyesuaian Diri Dalam Public Speaking

Berikut Adalah Tiga Hal Yang Menarik Untuk Kita Pelajari Sehubungan Dengan Teknik Menyusun Public Speaking :



1. Teknik Pembukaan
Untuk mengawali sebuah presentasi atau public speaking Anda dapat mengawalinya dengan menggunakan cerita. Carmine Gallo, seorang penulis yang ahli dalam public speaking, menekankan pentingnya penggunaan cerita dalam pembukaan. Ia mengatakan, “Mulailah dengan sebuah cerita yang relevan”. Manusia secara alamiah tertarik pada narasi, dan cerita dapat menciptakan koneksi emosional yang kuat dengan audiens. Cerita ini bisa berupa pengalaman pribadi Anda, Historical dan perumpamaan yang membuat Audiens tertarik pada topik tersebut atau bagaimana topik tersebut memengaruhi kehidupan Anda secara pribadi dan memiliki pesan atau pelajaran yang dapat dihubungkan dengan pesan utama presentasi Anda.

2. Teknik Menyusun Isi

Salah satu teknik menyusun isi presentasi atau public speaking yang menarik adalah dengan menggunakan teknik 5W dan 1H. Dengan teknik ini Anda menguraikan What, Where, When, Why, Who dan How dari topik Anda. Walaupun tidak semua W harus Anda penuhi, ada dua unsur W yaitu What dan Why yang harus Anda Masukan ke body presentasi Anda. Dalam pembuatan isi presentasi juga penting menggunakan logos (hasil penelitian, pernyataan dari para pakar, dsb) dan pathos (cerita yang relevan dengan materi presentasi) sebagai pendukung dari poin yang disampaikan.



3. Teknik Penutup
Dalam kalimat penutup, Anda dapat merangkum kembali poin-poin penting atau pesan yang ingin Anda sampaikan, kemudian menggunakan teknik pantun sebagai closing statment yang menarik. Ini membantu audiens memahami pesan Anda dengan lebih baik. Untuk membuat pantun Kita akan menggunakan sajak a-a-a-a, dimana Kita akan memulai dari baris ke-3. Carilah kata yang akhirannya sama dan hindari menggunakan kata yang sama. Baris ke-1 dan ke-2 harus nyambung dan boleh lucu-lucu tapi untuk baris ke-3 dan ke-4 harus nyambung dan serius karena Kita akan sisipkan pesan pada baris ke-3 dan ke-4.

Public speaking adalah keterampilan yang bisa dipelajari. Mari Tingkatkan kemampuan diri Anda dengan klik publicspeakingacademy.co.id atau Untuk menanyakan mengenai Training Motivation Mastery atau Training Public Speaking silahkan hubungi Ms. Ivena 0811 3440 909.

Demikian Saya Ongky Hojanto

Pakar Public Speaking Indonesia versi koran Kontan

Penulis Buku Best Seller Public Speaking Mastery Versi Gramedia Pustaka Utama

Founder Public Speaking Academy

Klik Disini : Bangkit dari kegagalan

Semoga bermanfaat !

LinkedIn
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Latest Post

Get My Books

Best seller books
0
Silahkan berikan komentar Andax
()
x