Pages Menu
TwitterRssFacebook
Categories Menu

Posted by on Jun 11, 2018 in Articles | 0 comments

Teknik persiapan presentasi seorang Trainerpreneur

Trainerpreneur Ongky Hojanto mengatakan “Mengetahui anda sementara berada dimana, akan mempermudah anda jika mau kemana”

Terdapat tiga hal penting untuk ada evaluasi dalam membuat sebuat persiapan sebuat presentasi atau pelatihan sehingga hasil dari pelatihan tersebut menjadi maksimal.

  1. The audience on the topic. Harapan atau ekspentasi audiesn terhadapat topic yang anda sampaikan
  1. The audience on you. Harapan atau ekspentasi audiesn terhadapat anda selaku orang yang menyampaikan  topic
  1. The audience on the audience. Kebutuhan yang audiens harapakan akan mereka dapatkan sebagai seorang peserta didalam presentasi atau seminar anda

Pada bagian pertama, saya akan membahas The audients on the topic. Setelah anda membuat topic untuk seminar atau presentasi anda, maka langkah selanjutnya adalah mulai untuk mengukur apakah yang diketahui oleh audiens mengenai topic anda atau isi seminar anda.

Ada beberapa cara untuk mengetahui mengenai profile dari audiens yang akan hadir diseminar anda sehubungan dengan topic anda. Anda dapat mencari tahu mengenai karakteristik audiens anda dengan cara :

  1. Bertanya kepada pembicara yang lain yang pernah membawakan topik yang hampir sama karakteristik audiensnya. Misalnya : topik anda mengenai saham, anda dapat menanyakan kepada teman anda yang membawakan topik  internet marketing
  1. Tanyakan kepada peserta dari seminar anda (jika memungkinkan) mengenai harapan mereka sehubungan dengan topic anda. Tanyakanlah kepada peserta seminar anda saat ini, jika anda membuat seminar dengan topic yang baru apa yang mereka harapkan dari topic tersebut.
  1. Carilah opini yang sementara berkembang dimasyarakat sehubungan dengan topic anda di Koran, artikel, blog,dll. Selalu up date informasi yang anda miliki sehingga anda dapat membahas current issue sehubungan dengan topic anda
  1. Bertanyalah kepada audiens selama seminar tersebut berlangsung (sebelum anda memulai seminar) mengenai apa yang mereka ingin dapatkan dalam seminar atau presentasi anda. Diawal seminar saya, biasa membuka dengan teknik audiens participation dimana saya memberikan waktu selama 5 menit untuk menuliskan lima poin yang ingin mereka dapatkan dalam seminar itu. inilah yang biasa saya katakan : “bapak / ibu sebelum seminar ini dimulai, tolong ambil kertas kosong di buku anda dan tuliskan minimal lima poin yang anda ingin dapatkan dalam seminar ini. Silahkan waktu anda lima menit dari sekarang.”

Setelah itu, saya akan meminta mereka untuk sharing secara berdua – dua dan kemudian sharing satu persatu jika pesertanya sedikit (dibawah 30 peserta) nama jika banyak saya hanya akan memiliki 10 peserta untuk menanyakan apa yang ingin mereka dapatkan dalam seminar saya.

Dari sanalah saya mulai dapat memetakan kebutuhan dan harapan dari para peserta

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *