Ongky Hojanto – Motivator, Pembicara, Coach, Motivator Indonesia, Public Speaking, NLP,

Tips 3M Dalam Menjadi Pemimpin Yang Baik

“Communication -the human connection -is the key to personal and career success.” — Paul J. Meyer

Motivator Indonesia | Public Speaking Indonesia | Tips 3M Dalam Menjadi Pemimpin Yang Baik

Jika anda ingin menjadi seorang entrepreneur atau pebisnis, hal terpenting di samping memiliki skill analisis, business knowledge yang hebat, anda pun harus memiliki skill komunikasi yang baik sebagai seorang pemimpin. Disamping menentukan lokasi strategis, ide bisnis yang bagus, dan menghadapi resiko kegagalan, anda pun harus menentukan, akan menjadi pemimpin yang seperti apa?

Apakah anda ingin menjadi pemimpin yang baik, dicintai, disukai, namun membuat para staf anda semena-mena? Atau anda ingin menjadi pemimpin yang tegas, yang sering kali dianggap seperti diktator, dan tidak disukai banyak orang? Atau anda ingin menjadi pemimpin yang tegas, berkharisma, disukai dan tetap disegani, dicintai dan tetap dihormati? Bagaimana cara kita mewujudkan pilihan terakhir tersebut? Jawabannya hanya ada satu, komunikasi. Bukan hanya tentang berbicara, tapi kita akan membahas tentang “mendengarkan” dalam komunikasi

Berikut tips 3M berdasarkan beberapa referensi buku yang saya baca dan rangkum :

Baca juga: Bagaimana leader yang baik berkomunikasi

  1. Mendengarkan

    “If you want to be a good orator, you should be a good listener”- Narendra Modi

Anda harus mendengarkan anak buah anda, bukan hanya ide mereka untuk kemajuan perusahaan, tetapi juga keluhan mereka. Karena menjadi seorang pemimpin bukan hanya selalu berbicara dan didengar, jika kita ingin didengarkan, makan belajarlah mendengarkan. Pemimpin yang baik harus  tau kapan ia boleh berbicara, dan yang terpenting adalah kapan mereka perlu mendengarkan. Dengan begitu akan tercipta lingkungan kerja yang suportif, dan inklusif.

  1. Merespon

    Berikanlah respon atau tanggapan yang jujur atas keluhan dan masukan yang anda dengarkan, dan tetap dengan rangkaian kata yang baik, sehingga siapapun lawan berbicara anda, mereka akan mendengarkan anda kembali dengan sepenuh hati, tanpa merasa digurui, di hakimi, ataupun merasa kurang.

    Belajarlah memperhatikan setiap kalimat yang akan anda ucapkan, dan tetaplah tenang dalam kondisi apapun, agar hal yang akan anda sampaikan akan tetap memiliki arah tujuan yang jelas, intonasi yang baik, dan dapat dimengerti.

    “Most people do not listen with the intent to understand, they listen with the intent to reply”- 
  1. Memberi solusi

    Sebagai seorang pemimpin yang baik, menerima masukan dan keluhan dari anak buah anda adalah hal yang penting, menanggapi keluhan mereka pun juga penting, dan hal penting yang terakhir adalah, memberikan solusi pada mereka. Jika hanya didengar dan lewat saja, karyawan anda akan kehilangan kepercayaan mereka kepada pemimpinnya. Akan memberi kesan bahwa masukan dan keluhan mereka adalah hal sepele yang.

    Anak-anak muda di zaman sekarang cenderung lebih memilih pekerjaan dengan lingkungan yang positif, dan nyaman. Sekalipun mereka memiliki kesempatan bekerja di perusahaan lain dengan tawaran gaji yang lebih tinggi..
    Menyelesaikan permasalahan yang terjadi di lingkungan kerja dengan baik akan menciptakan lingkungan kerja yang positif, aman, dan nyaman.

    “Corporate culture matters. How management chooses to treat its people impacts everything for good or for worse.” – Simon Sinek



    Menjadi seorang pemimpin adalah hal yang sulit, mari ikuti tips berikut untuk meningkatkan skill leadership anda. Mari tingkatkan kemampuan komunikasi diri anda dengan klik https://ongkyhojanto.com/atau untuk menanyakan mengenai training motivation mastery atau training public speaking silahkan hubungi Miss. Ivana wa.me/6281271940909



    Klik disini:  Bangkit dari kegagalan
LinkedIn
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Latest Post

Get My Books

Best seller books
0
Silahkan berikan komentar Andax
()
x