Ongky Hojanto – Motivator, Pembicara, Coach, Motivator Indonesia, Public Speaking, NLP,

10 Tips Jitu Cegah Burnout Di Tempat Kerja

“Burnout is not just about being too busy or feeling overwhelmed…It’s feeling like your work has no purpose and you don’t have support.” ― Richie Norton.


Motivasi | Motivator | Motivator Indonesia | Pembicara | Public Speaking | Tips Jitu Cegah Burnout

Akhir, awal, pertengahan tahun atau menjelang lebaran biasanya adalah waktu tersibuk hampir semua perusahaan. Dan jika tidak mempersiapkan fisik dan mental dengan maksimal, bisa-bisa Anda burnout atau stres.

Jika Anda sudah tahu bahwa waktu sibuk Anda setiap tahunnya adalah waktu yang sama luangkan waktu sejenak sebelum untuk memikirkan apa yang perlu Anda lakukan untuk menghindari masalah-masalah yang kiranya akan muncul atau semakin memuncak di masa-masa itu. Inilah 10 tips jitu mempersiapkan waktu-waktu tersibuk sepanjang tahun untuk mencegah burnout !


Baca Juga : Peran Penting Manajemen Krisis Dalam Perusahaan Di Tengah Resesi

1. Meminta Bantuan

Jika dirasa beban kerja terlalu berat, cobalah untuk sharing atau delegasikan beberapa pekerjaan Anda kepada anggota tim lain yang mengerti bagian tersebut. Meskipun mungkin hasil kerja Mereka tidak seoptimal Anda, setidaknya Anda tidak perlu melakukan semua pekerjaan dari ‘0’.

2. Ubah Perspektif

Biasanya, Kita cenderung semakin stres karena Kita fokus pada situasi Kita sendiri. Anda dapat mengubah energi dan stres Anda dengan mengubah perspektif Anda. Alihkan pikiran Anda dari pekerjaan yang menumpuk dengan pencapaian yang akan Anda raih ketika berhasil melaluinya. Renungkan kembali tentang alasan awal Anda memulai bisnis, karena itu adalah kunci untuk tetap termotivasi dan terhindar dari stres.

3. Istirahat Yang Terjadwal

Berkutat di meja kerja sepanjang hari tidak akan membuat pekerjaan Anda selesai begitu saja. Luangkan waktu untuk istirahat, seperti berjalan-jalan di sekitar gedung, temukan tempat yang tenang untuk mendengarkan musik atau tarik nafas dalam-dalam. Sesekali pulang lebih awal untuk pergi ke gym. Bekerja tanpa istirahat justru akan membuat Anda sulit untuk fokus dan hasilnya justru jadi tidak produktif.

4. Jangan Over Ekspektasi

Ketika masuk masa-masa sibuk, seringkali membuat target yang selama ini Anda tetapkan tidak sesuai harapan. That’s ok. Anda tidak bisa menerapkan standard yang sama atau mengharapkan hasil yang sama jika beban kerja tidak sesuai prediksi Anda. Misalnya saja, kalau biasanya Anda bisa menyelesaikan tugas hanya dalam beberapa jam, di waktu-waktu sibuk ini mungkin Anda memerlukan waktu beberapa hari untuk menyelesaikannya. Jangan menetapkan standard terlalu tinggi di luar kapasitas Anda yang akhirnya justru membuat stres.

5. Sediakan Waktu Tambahan

Setidaknya Anda memiliki minimal satu hari penuh di kantor untuk mengerjakan tugas yang tak sempat tersentuh karena banyak rapat. Dengan cara ini, Anda memiliki lebih banyak waktu untuk menyelesaikan proyek atau membantu tim Anda.

6. Fokus Pada Diri Sendiri

Jangan biarkan pikiran negatif karena ucapan orang lain menjatuhkan Anda. Cobalah untuk menjaga pikiran dan lingkungan kerja Anda tetap positif dan tenang.

7. Buat Rencana Prioritas

Luangkan setidaknya 20 menit setiap awal minggu untuk membuat daftar prioritas Anda. Lihat kembali daftar tersebut setiap hari untuk menyesuaikan tugas-tugas lainnya, termasuk yang tidak direncanakan. Fokus pada satu aktivitas atau proyek pada satu waktu. Multitasking sebenarnya tidak produktif.

8. Biasakan Untuk FOKUS

Luangkan waktu 3-5 menit di pagi hari untuk mindfulness training, yaitu melatih pernapasan sambil melihat sekitar. Manfaatnya akan Anda rasakan sepanjang hari. Sama halnya seperti sesaat sebelum mengendarai kendaraan, cobalah untuk diam sejenak sambil memfokuskan diri sebelum mulai berkendara.

9. Berjanji Pada Diri Sendiri  Untuk Tepat Waktu

Masukkan daftar tugas dalam kalender Anda. Misalnya, jika Anda memiliki tugas yang membutuhkan konsentrasi penuh, atur berapa lama waktu yang Anda dibutuhkan untuk menyelesaikannya. Selama waktu pengerjaan, matikan email dan notifikasi untuk membatasi gangguan.

10. Bersikap Fleksibel

Memang Anda diharuskan berkomitmen untuk tepat waktu, namun terkadang ada tugas-tugas tambahan di luar rencana yang sifatnya lebih ‘urgent’ dan tak masalah jika Anda harus mengubah jadwal dan deadline sesuai dengan urgensinya.

Burnout atau rasa stress dapat menyebabkan banyak dampak negative terhadap hasil kerja seseorang. Oleh karena itu, terapkanlah 10 tips di atas sehingga Anda pun dapat terhindar dari burnout atau rasa stress di tempat kerja dan hasil pekerjaan yang Anda lakukan pun dapat lebih maksimal.

Untuk tips manajemen lainnya, Anda bisa membaca artikel bermanfaat lainnya di di www.publicspeakingacademy.co.id 

Demikian saya Ongky Hojanto

Pakar Public Speaking Indonesia versi koran Kontan 

Penulis Buku Best Seller 

Founder Public Speaking Academy


Klik Disini : Bangkit dari kegagalan

Semoga Bermanfaat !

Source:

LinkedIn
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Latest Post

Get My Books

Best seller books
0
Silahkan berikan komentar Andax
()
x