Ongky Hojanto – Motivator, Pembicara, Coach, Motivator Indonesia, Public Speaking, NLP,

Tips Membuat Presentasi yang Menarik

“A great presentation gives smart ideas an advantage.” – Nancy Duarte

Motivator Indonesia | Public Speaking Indonesia | Tips Membuat Presentasi yang Menarik

Berbicara di depan publik memiliki beranekaragam tips, mulai dari gerakan tubuh sampai faktor pendukung suatu materi yang disampaikan. Pembicara yang menggunakan presentasi sebagai pendukung terhadap materi yang disampaikan kerap kali dijumpai oleh audiens. Namun sering ditemukan pada saat pembicara mempresentasikan suatu materi ke audiens kerap kali ditemukan adanya suatu kesulitan. Hal ini selaras dengan ungkapan Jernej Zupanc seorang visual communication of science bahwa sulit untuk mencapai keseimbangan antara memberikan detail yang cukup dan tidak kehilangan titik fokus audiens. Alternatif terhadap situasi ini adalah apabila Anda baru memahami materi yang ingin Anda sampaikan dan belum memiliki pengalaman dalam presentasi, Anda dapat memilih satu jenis audiens agar dapat menyesuaikan presentasi Anda untuk audiens tersebut. Poin pentingnya adalah pembicara harus mempersiapkan presentasi yang menarik agar audiens dapat dengan mudah memahami materi yang disampaikan. Lalu, bagaimana cara untuk membuat presentasi yang menarik?

Berikut beberapa tips membuat presentasi yang menarik menurut Jamie A. Richardson seorang content creator and freelancer writer:

Baca juga : 3 MINDSET SAAT PRESENTASI PENJUALAN

1. Pahami yang diinginkan audiens Anda
Inc.com mengikuti pembicaraan TED untuk menemukan hal yang umum dalam suatu presentasi. Terdapat seni mengubah seseorang dari penonton yang bosan menjadi pendengar yang aktif. Jangan lupa untuk bercerita.

2. Anda dapat menggunakan cerita
Tujuannya adalah membuat Anda dan audiens memiliki koneksi. Oleh karena itu, cerita adalah kuncinya selain Anda dapat melakukan humor. Dalam bercerita pastikan cerita Anda benar, berdasarkan pengalaman pribadi, dan dapat menyatukan seluruh audiens Anda dengan Anda.

3. Pelajari Slide Deck Basics
Slide deck adalah istilah untuk presentasi yang muncul di layar lebar di belakang presenter yang dapat dibuat dalam bentuk PowerPoint, Google Slides, atau Keynote. Anda juga harus memastikan apakah slide Anda dapat ditampilkan. Saat membuat slide, pastikan teks tetap menarik dan mudah dibaca. Tujuannya untuk memperlihatkan hal-hal penting.

4. Hidupkan suasana dengan musik
Musik menentukan segalanya. Musik dapat membantu Anda melibatkan audiens melalui melodi yang menginspirasi. Musik juga membantu untuk menghilangkan keheningan yang terjadi pada saat berpresentasi. Namun, melodi yang dipilih harus diperhatikan, jangan sampai musik membuat audiens Anda tertidur.

5. Tambahkan infografis (grafik, bahan, dan gambar)
Infografis memberikan dampak langsung pada presentasi apa pun. Anda dapat membuat infografis yang efektif dimulai dengan mengatur riset Anda, membuat garis besar, dan memutuskan informasi yang paling berharga. Infografis membantu audiens untuk dapat lebih memahami materi yang di presentasikan.

6. Latihan presentasi
Persiapan yang baik akan membantu Anda dalam berpresentasi. Latihan dalam persiapan Anda akan membawa Anda selangkah lebih maju.


Cobalah memperhatikan enam hal di atas, sehingga Anda dapat membuat presentasi yang menarik. Dan mari tingkatkan kemampuan diri Anda dengan klik https://ongkyhojanto.com atau untuk menanyakan mengenai Training Motivation Mastery atau Training Public Speaking silahkan hubungi Ms. Gaby 0812 7194 0909

Klik disini : Pentingnya Gerakan Tangan Saat Public Speaking
Semoga bermanfaat !

LinkedIn
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Latest Post

Get My Books

Best seller books
0
Silahkan berikan komentar Andax
()
x