Ongky Hojanto – Motivator, Pembicara, Coach, Motivator Indonesia, Public Speaking, NLP,

Tips Menaklukan Ketakutan Saat Berbicara di Depan Umum

Fight your fears and you’ll be in battle forever. Face your fears and you’ll be free forever.” – Lucas Jonkman

Motivator Indonesia | Public Speaking Indonesia | Tips Menaklukan Ketakutan Saat Berbicara di Depan Umum

Kerap kali kita cenderung berada pada posisi yang sama dalam ketakutan kita. Jika selamanya Anda terbelenggu dalam ketakutan Anda, maka Anda tidak menjadi pribadi yang berkembang. Hal ini sama dengan ketakutan berbicara di depan umum. Berbicara di depan umum adalah bentuk umum dari kecemasan dan ketakutan. Dom Barnard seorang co-founder of VirtualSpeech melampirkan dalam Virtual Speech bahwa lebih dari 75% orang mengalami kecemasan atau kegugupan pada tingkat tertentu saat berbicara di depan orang lain.

Menurut Craug N. Sawchuk, PH. D., L. P. seorang psychologist, banyak orang yang memiliki rasa takut menghindari situasi berbicara di depan umum, mereka menderita karena tangan dan suara gemetar. Namun, ketahuilah bahwa ketakutan Anda dapat diatasi dengan menantang diri sendiri untuk menghadapi dan memahami ketakutan Anda sebagai dorongan untuk menjadi pembicara yang hebat. Lalu, bagaimana cara menaklukan ketakutan saat berbicara di depan umum ?

Berikut tips menaklukan ketakutan saat berbicara di depan umum menurut Sonia Maslovskaya seorang founder of SoniaMPower and Communication Expert :

Baca juga : Tips Membuat Presentasi yang Menarik

1. Penerimaan diri
Anda harus menerima bahwa rasa takut adalah hal yang wajar. Ketika Anda berbicara di depan orang lain, Anda menempatkan diri pada posisi rentan dan berpotensi merasa dihakimi. Tidak perlu menghakimi diri Anda saat mengalami jantung berdebar-debar, telapak tangan berkeringat dan hal lainnya, karena ini merupakan respon tubuh Anda ketika Anda merasa takut. Cukup pelajari cara mengelola rasa takut Anda.

2. Terbuka mengenai alasan ketakutan Anda
Anda memiliki alasan unik tersendiri untuk merasa cemas saat menjadi sorotan. Anda dapat bertanya pada diri sendiri, apa yang Anda takuti, misalnya ditolak, tidak cukup baik, tidak disukai dan masih banyak hal lainnya. Pahami apa akar penyebab ketakutan Anda, lalu hilangkan bagian yang tidak diketahui.

3. Fokus pada hal yang Anda dapat kendalikan
Anda dapat berfokus pada persiapan yang baik, pahami audiens, struktur ucapan yang digunakan, bahasa tubuh yang percaya diri, libatkan penonton, dan masih banyak hal lainnya. Berbicara di depan umum adalah keterampilan, dan sama dengan keterampilan lainnya, dapat dipelajari, dipraktikkan, dan disempurnakan. Ingatlah bahwa sebagian besar pembicara hebat diciptakan, bukan dilahirkan.

4. Visualisasi
Visualisasi dapat membantu Anda mempertahankan fokus di bawah tekanan, mengelola emosi, dan meningkatkan kepercayaan diri dengan menghilangkan rasa takut dan keraguan. Visualisasikan diri Anda sebagai pembicara hebat yang memiliki keterlibatan audiens yang tinggi. Latih visualisasi selama 5-7 menit per hari.

5. Alihkan fokus Anda
Anda dapat mengalihkan fokus Anda dari diri sendiri ke audiens merupakan cara tercepat dan paling efektif untuk mengatasi rasa takut Anda berbicara di depan umum. Peralihan fokus ini tidak hanya menenangkan rasa takut Anda, namun juga membantu Anda menjadi pembicara yang hebat.


Cobalah memperhatikan lima hal di atas, sehingga Anda dapat menaklukan ketakutan yang Anda miliki saat berbicara di depan umum. Dan mari tingkatkan kemampuan diri Anda dengan klik https://ongkyhojanto.com atau untuk menanyakan mengenai Training Motivation Mastery atau Training Public Speaking silahkan hubungi Ms. Gaby 0812 7194 0909

Klik disini : Ingin Bisa Berbicara Didepan Umum? Ini Caranya!
Semoga bermanfaat !

LinkedIn
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Latest Post

Get My Books

Best seller books
0
Silahkan berikan komentar Andax
()
x