Ongky Hojanto – Motivator, Pembicara, Coach, Motivator Indonesia, Public Speaking, NLP,

Tips Meningkatkan Keterlibatan Audiens Saat Public Speaking

To make our communication more effective, we need to shift our thinking from ‘What information do I need to convey?’ to ‘What questions do I want my audience to ask?’” – Chip Heath

Motivator Indonesia | Public Speaking Indonesia | Tips Meningkatkan Keterlibatan Audiens Saat Public Speaking

Keterlibatan audiens adalah ketika audiens merespons secara positif dan aktif terhadap pembicara dan presentasi. Keterlibatan audiens merupakan hal penting bagi pembicara saat melakukan public speaking. Keterlibatan audiens ini menjadi bagian dari kesuksesan pembicara. Hal ini didukung oleh Michael Duarte seorang master facilitator and Duarte Method expert, bahwa seorang pembicara yang hebat dapat menarik perhatian, partisipasi, dan minat audiens. Namun, memiliki keterlibatan audiens pada saat Anda berbicara di depan publik bukan suatu tugas yang mudah dan bukan suatu tugas yang sulit. Lalu, bagaimana cara meningkatkan keterlibatan audiens saat Anda sedang public speaking?

Berikut tips meningkatkan keterlibatan audiens saat public speaking menurut Jennefer Witter seorang one of the country’s top black CEOs/entrepreneurs by Madame Noire Magazine:

Baca Juga : Penting ! Kontak Mata Saat Berbicara di Depan Umum

1. Menyediakan materi yang dapat ditindaklanjuti
Anda dapat mempersiapkan materi yang ingin Anda sampaikan secara terperinci dan berikan materi yang dapat di aplikasikan audiens ke dalam bisnis mereka. Agar audiens dapat lebih tertarik, beri tahu mereka pada pembukaan speech Anda bahwa mereka akan mendapatkan materi penting tersebut. Melalui pengalaman Jennefer Witter, ia selalu melihat peserta bersemangat dan mencatat ketika mereka mendengarnya.

2. Amati feedback audiens
Anda dapat mengamati apakah audiens mencatat, setuju, atau sibuk dengan yang lain. Kemampuan Anda mengamati feedback audiens saat Anda sedang berbicara memungkinkan Anda menentukan poin yang menarik dan Anda dapat melakukan penyesuaian pada saat itu. Anda dapat melompat pada pembahasan lain atau memperpendek bagian kurang menarik menurut audiens Anda.

3. Konten pendukung yang menarik
Anda dapat menggunakan konten pendukung seperti powerpoint. Namun, ketika Anda menggunakannya, jangan banjiri slide dengan salinan karena terlihat berantakan dan mengganggu. Powerpoint Anda harus memiliki garis besar dengan penjelasan yang minimal. Anda dapat membuat grafik dan gerakan pada powerpoint untuk menambah daya tarik. Hal ini akan melengkapi speech Anda sekaligus menjaga perhatian audiens.

4. Berinteraksi dengan audiens
Anda dapat membuat interaksi dengan audiens dengan cara mengajukan pertanyaan. Beri tahu mereka bahwa tidak masalah untuk memberikan komentar singkat selama Anda berbicara. Selain membuat audiens tetap waspada, hal ini akan membuat mereka merasa menjadi bagian dari presentasi.

5. Gunakan suara Anda (atau tidak)
Presentasi yang dilakukan selama 30 menit bahkan lebih hanya menggunakan suara sangat membuat audiens tidak tertarik dan hilang fokus. Anda dapat menggunakan nada dan infleksi yang berbeda untuk mengatasinya. Tidak masalah untuk berhenti sejenak dengan tujuan untuk menggarisbawahi poin penting. Keheningan akan menarik perhatian audiens.

6. Teruslah bergerak
Jangan berdiam diri di belakang podium, Anda dapat berjalan sesuai dengan arah yang jelas. Hal ini mendorong agar memaksa audiens untuk mengikuti Anda, yang berarti mendengarkan lebih dalam.


Cobalah memperhatikan enam hal di atas, sehingga Anda dapat meningkatkan keterlibatan audiens saat public speaking. Dan mari tingkatkan kemampuan diri Anda dengan klik https://ongkyhojanto.com atau untuk menanyakan mengenai Training Motivation Mastery atau Training Public Speaking silahkan hubungi Ms. Gaby 0812 7194 0909

Klik disini : Penerapan Teknik Teatrikal Dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara di Depan Umum
Semoga bermanfaat !

LinkedIn
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Latest Post

Get My Books

Best seller books
0
Silahkan berikan komentar Andax
()
x