Ongky Hojanto – Motivator, Pembicara, Coach, Motivator Indonesia, Public Speaking, NLP,

3 Tips Menjadi Active Listener

Dalam jurnal penelitian yang dilakukan oleh Nikodemus Thomas Martoredjo, yang berjudul keterampilan mendengarkan secara aktif dalam komunikasi interpersonal, mendapati bahwa menjadi pendengar aktif merupakan hal yang sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari dan juga dalam berbagai kepentingan di pekerjaan.


Motivator | Pembicara | Public Speaking Indonesia | Tips Menjadi Active Listener


Dalam sebuah proses komunikasi, menjadi pendengar yang baik bukan hanya bicara tentang mendengarkan apa yang disampaikan, tapi sekaligus menyimak apa yang dikatakan oleh kawan bicara Anda. Meskipun dilakukan secara bersamaan di waktu yang sama, menyimak dan juga mendengar adalah dua hal yang berbeda. Ketika Anda mendengarkan berarti organ pendengaran dari tubuh Anda sedang bekerja atau berfungsi untuk menangkap apa saja yang kawan bicara Anda katakan. Sedangkan menyimak adalah sebuah kombinasi dari fokus, perhatian, dan juga kemampuan Anda dalam hal mendengarkan. Lalu bagimana caranya agar bisa menjadi seorang active listener?


Baca juga : Teknik Sandwich Agar Efektif Dalam Mengkritik
Berikut adalah 3 tips menjadi seorang active listener :
1. Pay Attention
Pastikanlah bahwa fokus Anda saat proses komunikasi tersebut berada pada kawan bicara Anda. Perhatikanlah apa yang disampaikan olehnya dan tersenyum sambil memberikan beberapa bahasa tubuh yang menunjukan jika Anda sedang memperhatikan apa yang ia bicarakan.


2. Positif Reinforcement
Berikanlah sebuah kalimat persetujuan untuk menanggapi apa yang disampaikan oleh kawan bicara Anda. Seperti menganggukan kepala, hmm, oiya, menarik, dan kata-kata apresiasi lainnya. Hal ini dapat menjadi sebuah penegasan bahwa Anda mendengar dan menyimak apa yang kawan bicara Anda katakan.


3. Profit Feedback
Ringkaslah hasil pembicaraan, ulangi kembali beberapa kalimat penting yang menjadi inti pembicaraan Anda dan kawan bicara Anda. Hal ini juga bisa menjadi tanda bahwa Anda menyimak apa yang beliau bicarakan. Jadi, berikanlah feedback atas apa yang kawan bicara Anda katakan.


Ayo lakukan ketiga tips diatas agar Anda menjadi seorang active listener atau pendengar yang baik bagi kawan bicara Anda. Dan mari tingkatkan kemampuan diri Anda dengan klik https://ongkyhojanto.com/ atau untuk menanyakan mengenai Training Motivation Mastery atau Training Public Speaking silahkan hubungi Ms. Ivena 0811 3440 909.


Demikian Saya Ongky Hojanto
Pakar Public Speaking Indonesia versi koran Kontan
Pemenang Indonesia Outstanding Instructor Award 2020 Versi Skill Academy
Penulis Buku Best Seller Public Speaking Mastery Versi Gramedia Pustaka Utama
Founder Public Speaking Academy


Klik Disini : Bangkit dari kegagalan
Semoga bermanfaat!

LinkedIn
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Latest Post

Get My Books

Best seller books
0
Silahkan berikan komentar Andax
()
x