Ongky Hojanto – Motivator, Pembicara, Coach, Motivator Indonesia, Public Speaking, NLP,

Tips Menyampaikan Pesan Berkesan dalam Public Speaking

“There are three things to aim at in public speaking: first, to get into your subject, then to get your subject into yourself, and lastly, to get your subject into the heart of your audience.” – Alexander Gregg

Motivator Indonesia | Public Speaking Indonesia | Tips Menyampaikan Pesan Berkesan dalam Public Speaking

Berbicara di depan umum dapat berupa beranekaragam jenis, ini berarti tidak selalu menyampaikan pidato inspiratif di depan banyak orang. Namun, banyaknya jenis dalam public speaking tetap menjadi hal yang menakutkan, terutama jika Anda tidak terbiasa berbicara di depan umum. Berdasarkan survey yang dilakukan National Social Anxiety Center (NSAC), ketakutan dalam berbicara di depan umum adalah hal yang sering ditemukan daripada ketakutan pada kematian. Beranekaragam ketakutan dalam public speaking, contohnya takut tidak di dengar, takut tidak diperhatikan, takut salah, dan salah satunya adalah takut pesan tidak tersampaikan kepada audiens. Lalu, bagaimana cara agar pesan berkesan dapat tersalurkan dengan baik ke audiens ?

Berikut 3 tips untuk menyampaikan pesan berkesan yang dilansir dalam meridiantech.edu :

Baca juga : Improvisasi Kontak Mata Saat Public Speaking

1. Ketahui audiens Anda
Ketika berbicara di depan umum, selain mengetahui apa yang akan Anda bicarakan, Anda juga perlu mengetahui dengan siapa Anda akan berbicara. Memahami demografi audiens dapat membantu Anda untuk mengelompokkan topik Anda, menentukan nada saat presentasi, dan memastikan bahwa Anda memenuhi tujuan audiens yang meminta Anda sebagai pembicara. Semakin banyak informasi yang dapat Anda kumpulkan tentang audiens yang akan Anda ajak bicara, semakin baik Anda mempersiapkan dan menyusun pesan Anda untuk memenuhi kebutuhan mereka.

2. Mulai dari diri sendiri
Mulailah dengan sebuah cerita. Dengan menciptakan gambaran visual tentang sesuatu untuk audiens Anda, Anda membantu mengalihkan fokus mereka untuk berfokus pada Anda. Cerita juga membantu untuk berhubungan dengan orang lain. Anda dapat memanfaatkan situasi dengan memanfaatkan kesamaan pengalaman untuk menciptakan koneksi yang akan membantu pesan Anda selaras dengan audiens Anda.

3. Melakukan cek dan uji
Anda dapat mempersiapkan semuanya untuk menghindari risiko yang terjadi kedepannya. Anda dapat melakukan cek terkait ruangan agar memastikan bahwa slide presentasi dapat mudah dilihat dan dibaca oleh audiens, sound system yang bekerja dengan baik, dan lain sebagainya. Selain itu, perlunya persiapan perlengkapan presentasi yang berkaitan dengan kebutuhan Anda. Mengenal ruang dimana Anda akan menjadi speaker dan peralatan yang akan Anda gunakan dapat membantu mencegah gangguan sehari-hari.


Cobalah memperhatikan tiga hal di atas, sehingga Anda dapat menyampaikan pesan berkesan dalam public speaking. Dan mari tingkatkan kemampuan diri Anda dengan klik https://ongkyhojanto.com atau untuk menanyakan mengenai Training Motivation Mastery atau Training Public Speaking silahkan hubungi Ms. Gaby 0812 7194 0909

Klik disini : Tips Meningkatkan Keterlibatan Audiens Saat Public Speaking
Semoga bermanfaat !

LinkedIn
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments

Latest Post

Get My Books

Best seller books
0
Silahkan berikan komentar Andax
()
x