Pages Menu
Categories Menu

Posted by on Sep 4, 2019 in Articles | 0 comments

Motivator di Indonesia|Public Speaking.

Menguasai public speaking sudah sangat menjadi kebutuhan sekarang ini, untuk maju dalam bisnis maupun karir. Motivator Ongky Hojanto sebagai seorang trainer motivasi berpendapat untuk menjadi seorang yang sukses dalam bisnis maupun karir, Anda harus dapat mengungkapkan ide Anda melalui presentasi atau public speaking.

Dalam public speaking, Motivator Ongky hojanto dalam salah satu seminarnya, mengajarkan tentang bahasa tubuh yang elegan dalam melakukan public speaking. Salah satu faktor yang membuat kebanyakan orang menjadi gugup adalah karena mereka tidak tahu bagaimana menggunakan instrument tubuh mereka kala berpresentasi. Salah satunya adalah bagaimana menggunakan tangan dengan efektif dalam public speaking.

Tangan adalah bagian tubuh yang sangat penting dalam melakukan public speaking. Tangan Anda merupakan alat yang jika digunakan secara baik dan tepat akan sangat berpengaruh baik, dilain pihak, menurut Motivator Ongky Hojanto, jika tidak tahu bagaimana menggunakannya secara tepat dalam public speaking, malah akan berdampak buruk. Bayangkan dalam suatu presentasi, jika tangan Anda selama 2 jam  bicara kebanyakan menutupi sesuatu yang tidak perlu ditutupi, bukan hanya pendengar Anda yang merasa tidak nyaman, Anda pun akan mendapati respons yang negatif dari pendengar Anda. Menurut Motivator Ongky Hojanto, jika Anda menunjukan kesan gugup dengan tangan Anda, seperti memijit tangan Anda sendiri, atau membunyikan tulang-tulang tangan Anda. pendengar Anda akan meragukan kemampuan Anda dan berujung pada materi Anda.  Dalam seminar Public Speaking, Motivator Ongky Hojanto memberikan beberapa contoh lain yang bisa Anda hindari untuk dilakukan dalam melakukan public speaking.

  • Hindari memegang pulpen apalagi membunyikannya jika Anda sedang melakukan Public Speaking. Sebab hal itu kelihatan tidak menarik.
  • Hindari melakukan gerakan tangan seperti meninju dengan sering, atau sebaiknya jangan pernah Anda lakukan. Sebab di mata audience Anda, hal itu juga terlihat tidak elok. Kecuali jika Anda melakukan kampanye atau orasi partai.
  • Meniru kebiasaan-kebiasaan public figure yang sudah terkenal, seperti Ada pejabat negara yang jika melakukan presentasi atau pidato selalu melakukan gerakan seperti memotong sesuatu atau mengiris, seperti yang sering dilakukan Tony  blair Mantan perdana menteri Inggris. Sebaiknya jika Anda ingin melakukan gerakan tangan, buatlah seasli mungkin, se original mungkin milik Anda, maka Anda akan lebih dipercaya dan lebih elegan di mata pendengar Anda.

 

Demikian dari saya Ongky Hojanto

Pakar Public Speaking Indonesia versi Koran Kontan

Penulis buku best seller Public Speaking Mastery

Mau tingkatkan kemampuan public speaking anda ? Klik www.publicspeakingacademy.co.id

Dan anda bisa konsultasi workshop public speaking ke :

Ms Eli 08113440909 /Ms Tya 08113490909

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *