Pages Menu
Categories Menu

Posted by on Jul 12, 2018 in Articles | 0 comments

Manusia Berkarakter

Manusia Berkarakter

Motivator

“Dunia ini panggung sandiwara, setiap orang dapat satu peranan yang harus ia mainkan “ Ahmad Albar

Ibaratnya sebuah sinetron atau film layar lebar, maka setiap tokoh akan diberikan peran tertentu untuk menghidupkan jalan cerita film itu.

Jika hidup adalah sebuah panggung besar, maka orang-orang sukses pastilah mereka yang memiliki karakter yang kuat dibangun. Karekter dapat tumbuh secara alami dan memiliki karaketer yang baik karena tumbuh alami dilingkungan yang baik adalah sebuah anugerah yang tidak ternilai.

Tetapi, karekter itu juga bisa ditumbuhkan secara sengaja. Sengaja dibentuk, dihayati dan diperankan. Karena salah satu sifat dari pikiran bawah sadar adalah tidak pernah tahu yang imjinasi atau yang nyata, maka apa saja yang anda perankan secara terus menerus akan masuk menjadi karakter asli anda.

Heath Ledger pemeran Joker dalam film The Dark Knight mendapat pujian dari berbagai kalangan. Dan penghayatan akan peran ini juga terbawa kedunia nyata, sehingga menggangu kehidupannya.

“Ia sering mengunci dirinya di kamar hotel, selama berbulan-bulan, agar bisa memunculkan sosok Joker dalam dirinya,” kata sang ayah, Kim Ledger, dalam cuplikan dokumenter Heath Ledger: Too Young To Die.

“Heath memang sering melakukan hal seperti itu. Saya rasa karakter Joker menempel sangat kuat dalam dirinya,” lanjut Kim.

Semua tokoh besar dari bidang apapun, pastilah mengembangkan karakter yang mereka miliki, entah secara alami atau sengaja. Menurut kamus besar bahasa Indonesia : Karakter atau watak adalah sifat batin yang mempengaruhi segenap pikiran, perilaku, budi pekerti, dan tabiat yang dimiliki manusia atau makhluk hidup lainnya

Beberapa karakter : Pemarah, Penyabar, Ceria, Pemaaf, Tidak percaya diri, Bijaksana, Pendiam, Pendendam, Pengkhianat, Penyayang, Penakut, Pembenci, Pemalas, Rajin, Sombong, Cuek, Penghina, Munafik, Jujur, Licik, Egois, Iri, Tamak, Setia, Buas, Jinak, Eksentrik, Hemat, Boros, Pelit , Berani, Nekat, dll

Kalau saya sebutkan nama Jokowi, karakter apa yang muncul dalam benak anda ? mungkin : penyabar, pemaaf, pendiam, rajin. Ini bisa jadi secara otomatis muncul saat nama tersebut saya sebutkan.

Bagaimana dengan Ahok ? karakter seperti ini mungkin saja hinggap dikepala anda :Pemarah, ceria, cuek, jujur

Kalau Ahmad Dhani ? sombong mungkin akan menjadi karakter kuat dari dirinya

Fadli Zon ? anda bisa menjawab sendiri. Hehehe

Nah, bagaimana dengan karakter yang akan anda bangun ?

Menurut Motivator, berpura-pura untuk hal yang baik ada benarnya jika kita hanya focus pada hasil akhir. Jadi setelah anda mengetahui mengenai hal ini, langkah berikutnya adalah buatlah gambaran tokoh yang Anda inginkan dan masukanlah karakter sang tokoh tersebut, lalu perankanlah didalam kehidupan sehari-hari

Karena bagi saya jika dengan menjadi orang lain anda bisa hidup dengan lebih baik, buat apa menjadi diri sendiri.

Baca juga Belajar Public Speaking

 

Demikian dari saya Ongky Hojanto

Pakar Public Speaking Indonesia versi Koran Kontan

Penulis buku best seller Public Speaking Mastery

Mau tingkatkan kemampuan public speaking anda ? Klik www.publicspeakingacademy.co.id

Dan anda bisa konsultasi workshop public speaking ke :

Ms Eli 08113440909 /Ms Tya 08113490909

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *