Pages Menu
Categories Menu

Posted by on Oct 9, 2019 in Articles | 0 comments

Rahasia Menjawab Pertanyaan Panelis

Untuk menjadi Motivator, Pola pikir sangat penting didalam benak Anda jika akan menjawab pertanyaan dari Audience Anda. Anda harus selalu berpikir dan menganggap bahwa setiap pertanyaan dari Audience  ditanyakan karena mereka kurang mengerti, dan mereka adalah teman Anda, bukan akan menjatuhkan Anda. Motivator Ongky Hojanto telah sukses melakukan Training motivasi di lebih dari 20 perusahaan Nasional, BUMN dan Kementrian RI berpegang pada prinsip ini. Sebelum menjawab pertanyaan apapun itu, haruslah tanamkan dalam benak Anda bahwa mereka Adalah teman Anda.

Jika Anda sudah “takut” duluan akan pertanyaan dari Audience Anda, yang terjadi adalah Anda secara alami akan menciptakan suatu suasana gelisah dan tegang antara diri Anda dan Audience Anda, yang tentunya Audience Anda akan segera merasakan ketegangan ini dan akan menanggapi kegelisahan ini. Sebagai seorang Motivator, Anda harus tetap tenang dan menanggapi pertanyaan dengan cara positif, percaya diri  untuk tetap mempertahankan  hubungan antara Anda dan Audience Anda.

Ketika suatu pertanyaan yang “canggung” di lontarkan oleh Audience Anda, Rangkumkan itu dalam pikiran Anda dan kemudian ulangi pertanyaannya dengan kata-kata Anda sendiri, ini menunjukan pada mereka bahwa Anda mendengarkan mereka dan mengijinkan mereka untuk dapat menanggapi pemahaman Anda akan pertanyaan mereka. Dan rahasianya, sementara Anda mengulangi pertanyaan mereka, sebenarnya Anda juga punya sedikit waktu untuk mencerna pertanyaan Audience Anda di otak Anda, sehingga Anda dapat membagikan pendapat, opini pemikiran akan pertanyaan tersebut.  Dan jika Anda butuh lebih banyak waktu, Anda bisa berkata : ini pertanyaan yang sangat baik, atau suatu konsep yang menarik, yang tentunya memberikan Anda kesempatan untuk dapat membuka percakapan dengan Audience yang lain. Anda bisa mengajak Audience Anda yang lain untuk berpartisipasi dalam menjawab pertanyaaan dari salah seorang Audience tersebut. Dan tentunya ketika mereka membagikan pemikiran mereka, Anda dapat menambahkan pemikiran Ahli Anda dalam tanggapan tersebut.

Jika pun ada Panelist yang memang berniat untuk memberikan pertanyaan-pertanyaan canggung, dan sudah mulai “mengganggu”, Anda sebagai motivator, harus dapat mengingatkan mereka bahwa Anda adalah pembicara nya. dan jika sekiranya masih ada pertanyaan yang lain, Anda dengan senang hati akan menjawab itu nanti setelah sesi. Jawablah dengan tenang dan elegant dan mereka akan berterima kasih pada Anda untuk itu.

 

Demikian dari saya Ongky Hojanto

Pakar Public Speaking Indonesia versi Koran Kontan

Penulis buku best seller Public Speaking Mastery

Mau tingkatkan kemampuan public speaking anda ? Klik www.publicspeakingacademy.co.id

Dan anda bisa konsultasi workshop public speaking ke :

08113440909 / 08113490909

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *