Pages Menu
Categories Menu

Posted by on Mar 19, 2021 in Articles | 0 comments

Opini, Fakta dan Realita

Opini seorang Motivator saat ini adalah saya mendapatkan ide atau ilham untuk menuliskankan artikel ini. Dalam level spiritual saya dapat mengatakan bahwa ilham ini datang dari Sang Pencipta untuk memberikan informasi yang bermanfaat bagi orang lain.

Faktanya saya memulai membuka computer untuk menulis artikel ini karena di gerakan oleh opini tadi dan realitanya artikel ini terposting di FB dan ongkyhojanto.com. Mungkin, itulah gambaran mengenai ketiga komponen yang menjadi topic saya hari ini : opini, fakta dan realita.

Dari Wikipedia saya mengutip definisi dari tiga komponen tersebut :

Opini (Inggris: Opinion) adalah pendapat, ide atau pikiran untuk menjelaskan kecenderungan atau preferensi tertentu terhadap perspektif dan ideologi akan tetapi bersifat tidak objektif karena belum mendapatkan pemastian atau pengujian.

Opini bukanlah merupakan sebuah fakta, akan tetapi jika di kemudian hari dapat dibuktikan atau diverifikasi, maka opini akan berubah menjadi sebuah kenyataan atau fakta.

Sementar fakta (bahasa Latin: factus) ialah segala sesuatu yang tertangkap oleh indra manusia atau data keadaan nyata yang terbukti dan telah menjadi suatu kenyataan.

Fakta seringkali diyakini oleh orang banyak (umum) sebagai hal yang sebenarnya, baik karena mereka telah mengalami kenyataan-kenyataan dari dekat maupun karena mereka dianggap telah melaporkan pengalaman orang lain yang sesungguhnya

Dalam istilah keilmuan fakta adalah suatu hasil pengamatan yang objektif dan dapat dilakukan verifikasi oleh siapapun.

Realitas atau kenyataan, dalam bahasa sehari-hari berarti “hal yang nyata; yang benar-benar ada. Dan jika kita bisa menggunakan ini untuk mengubah hasil dalam hidup kita, maka prosesnya akan seperti ini :

  1. Buatlah opini terhadap sebuah hal. Contohnya : “Saya orang yang beruntung”
  1. Berikanlah fakta yang akan menguatkan opini ada tersebut. Fakta yang pernah anda alami. Contohnya :
  1. Dua hari yang lalu saya beruntung mendapatkan tempat parkir strategi di mall yang ramai
  2. Minggu lalu saya beruntung ketemu Pak Denny sebelum ini pindah keluar kota
  3. Saat Kuliah saya beruntung duduk disebelah Michael yang saat ini partner bisnis saya
  4. pupuk terus fakta dalam pikiran anda dan nantinya tumpukan fakta akan berubah menjadi realita. Hal ini terjadi karena anda telah berhasil membuat program baru dalam pikiran bawah sadar anda.

 

 

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *