Pages Menu
Categories Menu

Posted by on Nov 3, 2019 in Articles | 0 comments

Gagal Paham

Motivator | Seminar Public Speaking – Brinet anak saya yang kedua hari – hari baru belajar menulis saat usia 9 tahun. Bukannya ia tidak dapat menulis dengan baik akan tetapi ia ingin mengubah kebiasaan menulis dengan tangan kanan menjadi menulis dengan tangan kiri.

Di awal-awal usia 5 tahuan, Brinet aktif menulis dengan tangan kiri dan saat masuk sekolah, oleh sang guru brinet di minta untuk menulis dengan tangan kanan. Hal ini di perparah dengan pola pikir yang keliru dari saya mengenai kesopanan di meja makan. Brinet pun saya “paksa” untuk memegang sendok dengan tangan kanan.

Beberapa kali, saya amati Brinet memegang sendok dengan tangan kiri

Dan timbulah rasa penasan di pikiran saya mengenai penyebab hal ini. Saya pun bertanya kepada Brinet apakah dia lebih nyaman memegang sendok ditangan kanan atau tangan kiri.

“Tangan kiri Pa” jawab Brinet. Dan sejak hari itu saya mendorong Brinet untuk menggunakan tangan kiri dalam melakukan apa yang ingin dia kerjakan, termasuk belajar lagi menulis dengan tangan kiri. Gagal paham dan pemikiran sempit mengenai “etika” yang tidak masuk akal membuat Brinet “terbeban” untuk hal yang semestinya mengasikan. Padahal orang kidal hanya 15% dari populasi dunia – cnnindonesia.com

Kita sering Gagal Paham untuk banyak hal. Termasuk saat berhubungan dengan orang lain. Sebuah pernyataan NLP “Ada maksud positif dibalik semua prilaku”

Jadi dalam berhubungan dengan orang lain, pahamilah maksud positif dari orang tersebut walaupun anda tidak perlu untuk setuju dengan perilaku orang tersebut.

Tiga hal yang saya pelajari dari hal ini :

  1. Tidak memaksakan kehendak kepada orang lain untuk sesuatu yang sifatnya tidak fatal. Selama hal bersifat opini dan pendapat, semestinya kita tidak terlalu memaksakan kehendak kita kepada orang lain.
  2. Tidak terlalu memperdulikan etika yang terkadang tidak masuk. Terkadang kita terlalu peduli dengan apa kata orang. Padahal selama tidak melanggar hokum dan nilai agama. Just do it kata Nike
  1. Pahamilah maksud dari orang lain. Banyak bertanya dengan mulailah mencari tahu apa maksud dan tujuan dari orang tersebut dengan perilakunya

Bagaimana menurut anda ?

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *