Pages Menu
Categories Menu

Posted by on Nov 6, 2019 in Articles | 0 comments

Pertandingan Tidak Adil

Motivator – Baru kali ini presiden dan wakil presiden terjebak kemacetan parah, akibat demo besar-besaran di lakukan oleh para supir taxi dari beberapa perusahan berbeda untuk menuntut agar dibekukannya taxi on line atau transportasi online. Kehadiran transportasi online ini sejak beberapa bulan lalu telah membuat “terpukulnya” pendapatan dari para supir taxi.

Salah satu penyebab yang membuat orang beralih dari taxi konvensional ke transportasi berbasis online karena kemudahan untuk akses juga harga yang lebih murah sekitar 30%.

Penyebab transportasi online dapat lebih murah menetapkan tarif mereka karena pajak yang tidak dibayar dan beberapa fix cost yang bisa dihemat. Dan ini menjadi tidak adil dalam persaingan. Atau istilah saya pertandingan yang tidak adil dimana wasit “memihak” disalah satu pihak.

Seringkali dalam hidup ini, kita juga merasa menjalani sebuah pertandingan yang tidak adil. Telah bekerja dengan baik tetapi tidak pernah naik gaji, sementara karyawan lain yang kerjanya bisa saja malah di promosikan. Dan banyak contoh kasus dimana seringkali kita mereka diperlakukan tidak adil dalam sebuah pertandingan.

Ada dua pilihan yang dapat kita buat untuk memaknai hal ini :

  1. Menyerah

Anda bisa memilih untuk marah, memaki atau protes keras. Ini sah saja dan wajar jika mau dilakukan. Pertanyaannya, apakah hal ini akan menyelesaikan masalah ? jika ya, silahkan dilakukan. Tetapi jika tidak, mengapa harus dipaksakan?

  1. Melanjutkan pertandingan

Walaupun ketidakadilan terjadi anda tetap bisa bersikap untuk tetap melanjutkan pertandingan. Lebih berat pasti. Akan tetapi ada beberapa hal positif yang anda bisa dapatkan jika mau untuk terus bertanding :

A. Meningkatkan kreatifitas

Anda akan memaksa diri anda untuk mencari cara memenangkan persaingan dengan cara yang tidak bisa

B. Mengeluarkan potensi terbaik anda

Anda akan mengeluarkan lebih dari 101% kemampuan anda untuk memenangkan persaingan, karena anda tahu jika hanya berusaha 100% maka ada kemungkinan untuk kalah

C. Membangun sikap mental positif

Memutuskan untuk melanjutkan pertandingan membuat anda membangun sikap mental positif yakni tidak mudah menyerah dan membuat sikap mental negative – menyalahkan orang lain atau mencari kambing hitam

Akhirnya dalam sebuah pertandingan ada yang menang dan ada yang kalah. Hal itu hanyalah sebuah hasil akhir. Terpenting adalah pelajaran yang dapat anda pelajari dari pertandingan tersebut sehingga kedepannya dapat menjadi pribadi yang lebih baik.

 

 

 

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *