Pages Menu
Categories Menu

Posted by on Dec 4, 2018 in Articles | 0 comments

Bad Mood sebelum Presentasi ? Ini Solusinya !

Motivator | Beberapa masalah yang tidak terduga seringkali datang menghampiri anda saat anda akan memulai sebuah presentasi, seperti : anak sakit, persiapan yang buruk dari panitia, peserta yang sedikit, tagihan yang jatuh tempo, sehingga untuk sebagian besar orang hal ini akan mempengaruhi penampilan mereka saat membawakan presentasi.

Pengalaman saya, ada dua hal sederhana yang harus anda lakukan untuk mengatasi hal tersebut diatas :

  1. Merubah Fokus
  • Fokus pada yang ada dan lupakan yang tiada

Fokuslah kepada para peserta yang ada saat ini dan lupakanlah peserta yang tidak hadir disaat seminar anda. Anda mungkin mengharapkan teman baik anda akan hadir atau juga undangan yang anda ajak untuk datang ke seminar tersebut dan jika mereka tidak juga muncul lupakanlah mereka.

  • Fokus pada harapan jangka panjang

Arahakan fokus ada pada kenikmatan jangka panjang saat presentasi anda berhasil dan peserta puas dengan apa yang anda sampaikan. Apa saja kenikmatan yang akan anda dapatkan ?

  • Bingkai kembali dengan sisi positif

Cobalah lihat kejadian yang anda alami dari sudut pandang yang beda sehingga anda akan merasa lebih nyaman dan mendapatkan energy optimis di sana

  1. Merubah bahasa tubuh

Cara berikutnya adalah merubah bahasa tubuh, sehingga otomatis fokus andapun akan berubah. tersenyum walaupun dipaksakan, berdirlah dengan tegak, tarik napas yang panjang. ini cara paling ampuh untuk mengusir bad mood

Training Sales | Training Motivasi

Demikian dari saya Ongky Hojanto
Pakar Public Speaking Indonesia versi Koran Kontan
Penulis buku best seller Public Speaking Mastery

 

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *