Pages Menu
Categories Menu

Posted by on Apr 19, 2020 in Articles | 0 comments

Pidato 7 menit

Public Speaking Indonesia | Surat Edaran Nomor B.750/Seskab/Polhukam/12/2016 yang ditandatangani Sekretaris Kabinet Pramono Anung, 23 Desember 2016. berisikan mengenai larangan Menteri, pimpinan lembaga tinggi negara, dan kepala daerah dilarang berpidato dan berorasi lama-lama di depan Presiden Joko Widodo. Dan hanya di berikan waktu 7 menit saja.

Lalu teknik pidato apa yang dapat dilakukan agar efektif dan langsung memberikan gambar jelas dalam pemaparannya, jika dilakukan dalam 7 menit ?

  1. Teknik Masalah Solusi

Menggunakan teknik ini, si pembicara 2 menit awalnya memberikan gambaran masalah yang di hadapi saat ini atau yang sementara berlangsung dan di 4 menit berikutnya memaparkan solusi yang telah diambil untuk mengatasi mesalah itu. Sisa waktu 1 menit dapat di manfaatkan untuk pembukaan dan penutupan.

  1. Teknik Segitiga

Teknik segitiga adalah teknik dimana sang pembicara langsung mengemukakan poin utama yang ingin di sampaikan. contoh nya : 3 rencana tindakan untuk mengatasi banjir, 4 langkah antisipasi pekerja asing di Indonesia, 5 Tantangan yang di hadapi sehubungan dengan stabilitas harga pangan

  1. Teknik Waktu

Teknik ini sifatnya lebih pada melaporkan perkembangan sebuah hal. Seperti : Penanganan banjir atau pembangunan di sebuah daerah. sesuai dengan namanya teknik waktu maka akan terdiri dari tiga rentan waktu, yakni : dulu, sekarang dan harapan masa depan.

Si pembicara dapat memaparkan kondisi dulu, kondisi saat ini dan kondisi yang di harapkan di masa yang akan datang.

Dan ingatlah pidato yang baik memberikan kejelasan, harapan dan pencerahan dalam suasana menyenangkan. Bukannya menambahkan sebuah kebingungan dalam rasa kantuk – Ongky Hojanto Motivator

Training Sales | Training Motivasi

Demikian dari saya Ongky Hojanto
Pakar Public Speaking Indonesia versi Koran Kontan
Penulis buku best seller Public Speaking Mastery

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *