Pages Menu
Categories Menu

Posted by on Feb 9, 2019 in Articles | 0 comments

Anies Takut Debat

Motivator | Kehebohan tanpa habis untuk Pilgub DKI kali ini. Apapun yang berhubungan dengan kegiatan para kandidat akan menjadi perbincangan dan sorotan para love dan hatter. Termasuk kehebohan saat cagub dan cawagub no urut 3 Anies dan Sandi absen dalam debat yang sedianya diadakan oleh Kompas TV Minggu 2 april kemarin. Ketidak hadiran ini menjadi bahan ocehan, sehingga tagar #aniestakutdebat sempat menjadi tranding topic selama 3 jam di sosmed.

Saya yakin dengan kemampuan Anies Baswedan yang hebat menghadirkan debat dan bertarung dalam debat bukanlah hal sulit untuk beliau. Pastilah ada alasan tertentu yang membuat ketidak hadiran beliau dalam debat Minggu malam itu.

Terlepas dari poin di atas, saat ini saya ingin mengulas teknik persiapan sebelum debat atau Presentasi sehingga Presentasi anda memukau. Ada 3 hal yang harus anda siapkan, jauh-jauh hari :

1. Penguasaan materi presentasi
Susunlah materi presentasi anda dengan baik dan menarik, sesuai dengan kaidah public speaking (Introduction – Body – Conclusion ) sehingga audien mudah memahami dan mengerti apa yang akan anda sampaikan. Hal terpenting adalah perkuat teknik pembuakaan anda sehingga nonjok di hati auidens.
Jika anda mempersiapkan materi debat, maka pahami posisi anda dalam debat itu. Apakah anda pro atau di pihak yang kontra dengan isu yang beredar. Oleh karena tidak ada kebenaran absolut, maka dalam hal apapun selalu ada titik lemah. Tugas anda adalah mencari titik lemah dan tekankan hal itu di awal Presentasi.

2. Pengolahan data dan cerita
Poin-poin yang anda bahas haruslah berdasarkan fakta dan data dari sumber yang akurat. Penyampaian data yang keliru akan menjadi Boomerang dan menimbulkan masalah dikemudian hari. Anda juga harus mengisi Materi Presentasi dengan contoh yang membumi sehingga mudah untuk di pahami oleh audiens Anda. Berikanlah juga cerita yang lucu atau kisah inspiratif karena hal ini akan menambah daya pikat Presentasi anda.

3. Penampilan ekspresi, bahasa tubuh dan intonasi
Setelah anda menguasai apa yang akan anda bicarakan serta menghafal data dan cerita, maka tugas berikutnya adalah melatih intonasi dan bahasa tubuh anda sehingga menarik dilihat oleh audiens Anda.
Dan ingat lah bahwa teori 6 L dalam membuat presentasi anda sukses, yakni: Latihan, Latihan, Latihan dan Lagi Lagi Latihan

Setelah anda membaca artikel ini mungkin saja, anda bertanya cara belajar presentasi yang hebat. Klik disini dan temukan jawabannya

MotivatorIndonesia | Training Motivasi

Demikian dari saya Ongky Hojanto
Pakar Public Speaking Indonesia versi Koran Kontan
Penulis buku best seller Public Speaking Matery, Trainerpreneur dan Im Motivator

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *