Pages Menu
Categories Menu

Posted by on Feb 10, 2019 in Articles | 0 comments

Self Respect Dalam Presentasi

Motivator | Salah satu tantangan terbesar seseorang saat akan melakukan presentasi adalah ketakutan dan tidak sedikit ketakutan tersebut disebabkan karena melihat status social dari para audiens yang kedudukannya lebih tinggi dibandingkan dengan dirinya. Bayangkan jika anda akan memberikan presentasi dihadapan Bupati, Walikota , Gubernur atau presiden. pastilah tekanan yang anda rasakan akan berbeda dengan memberikan presentasi dihadapan anak – anak sma atau mahasiswa.

Lalu bagaimana cara mengatasinya ? Self respect jawabannya. Ada tiga cara untuk membangkitkan self respect dalam diri anda :

1. Percaya dengan kemampuan diri

Percayalah dengan kemampuan diri anda. Jika anda sendiri yang menyusun isi presentasi anda, maka kiranya hanya Tuhan dan diri anda yang paling tahu mengenai isi presentasi tersebut. Jadi tidak akan mungkin ada orang yang lebih memahami isi presentasi anda

2. Banggalah dengan diri sendiri

Jika anda di minta untuk memberikan presentasi dihadapan orang yang kedudukan sosialnya lebih tinggi, itu beranti anda memilki kemampuan yang hebat dimata orang lain yang mengundang anda untuk memberikan presentasi.  Dan jika orang lain saja percaya dengan kemampuan anda, masakan anda tidak mempercayai diri anda ?

3. Berikanlah kesempatan untuk diri anda

Saat anda memberikan presentasi dengan tingkat tekanan yang tinggi, terkadang hal ini justru datangnya dari dalam diri anda. Anda sendirilah yang terlalu sering menekan diri anda untuk tampil prima dan sempurna. Berikanlah kesempatan pada diri anda untuk belajar dan berkembang, toleransilah terhadap satu dua kesalahan kecil yang mungkin anda lakukan dalam presentasi tersebut.

Semoga bermanfaat.

 

Setelah anda membaca artikel ini mungkin saja, anda bertanya cara belajar presentasi yang hebat. Klik disini dan temukan jawabannya

MotivatorIndonesia | Training Motivasi

Demikian dari saya Ongky Hojanto
Pakar Public Speaking Indonesia versi Koran Kontan
Penulis buku best seller Public Speaking Matery, Trainerpreneur dan Im Motivator

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *