Pages Menu
Categories Menu

Posted by on Mar 14, 2019 in Articles | 0 comments

Konsep dasar Komunikasi

Motivator | “Manusia tidak untuk tidak berkomunikasi” NLP

Motivator | Terlepas dari apapun kondisi, pekerjaan dan situasi anda dan saya pastilah sering berkomunikasi. Komunikasi tidaklah semudah yang kita bayangkan diawal, dimana hanya sekedar ngomong dan orang mendengarkan. Ada tiga poin penting yang terlibat didalam sebuah komunikasi :

  1. Mengirimkan pesan

Banyak orang berpikir bahwa komunikasi hanya terjadi dilevel ini, dimana anda mengirimkan pesan lalu berakhir lah komunikasi tersebut. Saat anda mengirimkan sebuah pesan, justu saat itulah komunikasi baru saja dimulai. Anda tidak akan pernah tahu keakuratan komunikasi yang baru saja anda lakukan jika tidak masuk ke level kedua yakni menerima umpan balik.

  1. Menerima umban balik

Efektif tidaknya sebuah komunikasi terletak pada umpan balik yang anda terima setelah anda berhasil mengirimkan pesan kepada orang lain. Apakah umpan balik respon yang anda peroleh sama dengan tujuan atau maksud anda ? atau justru menyimpang dari apa yang anda katakan ?

Ingatlah bahwa orang memberikan respon bukan berdasarkan apa yang anda maksudkan, akan tetapi berdasarkan apa yang mereka pikirkan terhadap apa yang anda maksudkan

  1. Mengerti orang lain

Salah satu hal penting untuk dilakukan dalam komunikasi adalah mengerti kawan bicara anda, karena dengan mengerti kawan bicara anda maka akan tercipta : suasana akrab, persamaan persepsi, pola bahasa yang ia gunakan.

Semoga bermanfaat !

Dan mungkin saja, anda bertanya cara belajar presentasi yang hebat. Klik disini dan temukan jawabannya

MotivatorIndonesia | Training Motivasi | Public Speaking

Demikian dari saya Ongky Hojanto
Pakar Public Speaking Indonesia versi Koran Kontan
Penulis buku best seller Public Speaking Matery

Penulis buku best seller Trainepreneur

 

 

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *