Pages Menu
Categories Menu

Posted by on Aug 2, 2020 in Articles | 0 comments

3 Masalah utama dalam Komunikasi

Motivator | Komunikasi yang buruk akan merusak beberapa hal yang baik, Betul ?

Public Speaking | Motivator | Saya yakin anda pasti setuju dnegan hal tersebut. Demikian pula salah satu klien saya PT Hutama Karya (HK) yang untuk ke enam kalinya saya diundang  untuk memberikan seminar dengan beberapa topik yang berbeda dan saat ini saya diminta untuk membawakan topik mengenai komunikasi. Ada tiga masalah utama dalam komunikasi :

1. Behavior

Seringkali kegagalan sebuah komunikasi disebabkan karena perbedaan sudut pandang antara komunikator dan komunikan. Hal ini sering kali terjadi karena orang berespon bukan berdasarkan apa yang anda maksudnya, akan tetapi berdasarkan persepsi mereka terhadapa apa yang anda maksudkan. persepsi atau map dalam bahasa NLP muncul diakibatkan oleh filter penyaring informasi yang masuk berupa : Delete, Distorsi dan Generalisasi. Informasi yang masuk dari lima panca indera kita, lalu proses filter ini dilakukan sehingga keakuratan sebuah informasi akan menjadi berkurang karena sebagaian telah dihapus dan sebagian lagi telah di kaburkan.

Map akan menghasilkan State atau kondisi perilaku dan kondisi fisiologi. Oleh karena itu janganlah heran jika ada dua orang berbeda, memiliki respong yang berbeda terhadap sebuah hal yang sama.

Untuk memastikan bahwa respon anda tepat dan respon kawan bicara anda juga tepat, maka perhatikanlah persepsi anda dan kawan bicara anda, sebelum komunikasi dilakukan.

 

2. Context

Menempatkan komunikasi dalam context yang tepat akan meningkatkan kualitas komunikasi yang anda lakukan. Perhatikanlah : tempat, waktu, suasana dan kapasitas kawan bicara anda. Hal kecil ini menjadi penting karena tidaklah cocok jika anda berbicara diruangan mesin yang bising atau menceritakan humor di suasana duka.

3. Relationship

Salah satu kunci komunikasi yang efektif adalah memiliki hubungan yang baik dengan kawan bicara anda, sehingga ia akan nyaman untuk berbicara dengan anda. Bangunlah hubungan dibeberapa menit awal, sebelum anda mulai mengirimkan pesan atau ide ke benak kawan bicara anda

Semoga bermanfaat !

Dan mungkin saja, anda bertanya cara belajar presentasi yang hebat. Klik disini dan temukan jawabannya

MotivatorIndonesia | Training Motivasi | Public Speaking

Demikian dari saya Ongky Hojanto
Pakar Public Speaking Indonesia versi Koran Kontan
Penulis buku best seller Public Speaking Matery

Penulis buku best seller Trainepreneur

 

 

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *