Pages Menu
Categories Menu

Posted by on Aug 15, 2020 in Articles | 0 comments

Berani salah saat Public Speaking

Motivator | “Takut salah adalah salah satu ketakutan terbesar orang saat akan memberikan presentasi” Ongky Hojanto

Salah berbicara, salah menjelaskan, salah data atau salah memaparkan materi presentasi adalah bentuk kegelisahan orang yang akhirnya membuat mereka terbelenggu ketidakmampuan untuk berdiri dan bicara kepada orang lain.

Sebetulnya tidak ada hal yang perlu anda kuatirkan dan takuti saat anda telah mempersiapkan diri dengan menguasai materi presentasi, serta melatih cara menyampaikannya karena satu-satunya orang yang tahu dan mengerti secara detail isi presentasi anda adalah anda sendiri. Namun jika anda melakukan kesalahan dan di koreksi oleh audiens anda, maka inilah yang dapat anda lakukan :

  1. Berterima kasih

Ucapkanlah terima kasih kepada audiens, jika ada yang mengkoreksi anda kerena koreksi akan membuat anda menambah pengetahuan dan berkembang. Jangalah terlalu dipikirkan dan menjadi beban untuk anda, apalagi trauma dan “Phobia” untuk presentasi. Terimalah masukan dari orang lain karena google menjadi hebat karena banyak orang yang memberikan masukan berupa artikel kepadanya

  1. Gali kebenaran informasi

Tanyakan secara jelas dari mana sumber informasi yang disampaikan oleh audiens anda, seberapa yakin mereka mengenai informasi yang diberikan kepada anda dan pastikan bahwa sumber informasi yang disampaikan memiliki tingkat keakurasian yang tinggi artinya dari sumber yang terpercaya.

  1. Libatkan mereka

Dan Jika koreksi dilakukan berdasarkan pengalaman mereka yang berbeda dengan materi presentasi anda, maka berikanlah waktu lima hingga sepuluh menit kepada audiens anda untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan yang ia miliki sehingga memberikan masukan kepada anda. Ingatlah anda yang harus mengatur waktu bicara audiens anda dan jangan sampai lepas control sehingga anda kehilangan kontral dalam presentasi tersebut.

Semoga bermanfaat !

Dan mungkin saja, anda bertanya cara belajar presentasi yang hebat. Klik disini dan temukan jawabannya

MotivatorIndonesia | Training Motivasi | Public Speaking

Demikian dari saya Ongky Hojanto

Pakar Public Speaking Indonesia versi Koran Kontan

Penulis buku best seller Public Speaking Matery

Penulis buku best seller Trainepreneur

 

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *