Pages Menu
Categories Menu

Posted by on Apr 2, 2019 in Articles | 0 comments

3 cara ampuh atasi gugup dalam public speaking

“Ketakutan itu berawal di pikiran dan akan berakhir di tindakan” Ongky Hojanto

Motivator | Konon kata takut yang dalam bahas ingrisnya FEAR adalah singkatan dari empat kata False Evidence Appearing Real (tanda-tanda palsu yang kelihatannya nyata). Ketidaknyataan yang sangat menggangu sebagian besar orang sehingga oleh hasil survey kepada masyarakat ingris yang di lakukan oleh YouGov menempatkan public speaking sebagai ketakuatan terbesar ketiga, setalah takut akan ketinggian dan ular.

Salah satu cara mengubah ketakutan ini adalah dengan memiliki pola pikir yang benar mengenai ketakutan ini. Ada tiga pola pikir yang harus anda adopsi untuk mengatasi ketakutan dalam Public Speaking :

  1. Semua orang takut

Begitu banyak hasil riset yang menunjukan bahwa public speaking adalah hal yang paling di takutkan oleh kebanyakan orang, jadi tidak perlu merasa “sendiri” menghadapi hal tersebut. Bukan hanya anda saja yang mengalami ketakutan tersebut, banyak orang diluar sana yang juga mengalaminya. Sehingga wajarlah jika anda juga mengalami hal yang sama

  1. Ketakutan adalah anugerah

Anda tidak dapat menghilangkan rasa takut karena takut adalah anugerah yang membuat anda waspada dan mempersiapkan diri dengan baik. Semua pembicara hebat juga pasti mengalami ketakutan di tiga menit awal mereka presentasi, bedanya adalah pembicara yang professional memiliki ilmu mengendalikan rasa takut, sementara pembicara amatir membiarkan ketakutan mengendalikan mereka, sehinga terlihat dimata audiens.

  1. Public Speaking adalah seni

Ada dua definisi public speaking : pertama tindakan berbicara dihadapan publik dan kedua seni atau ketrampilan berbicara efektif dihadapan audiens. Menelaah, kata seni maka tidak ada yang salah dan benar dalam sebuah seni. Yang ada adalah menarik atau tidak menarik. Sama halnya dengan public speaking, tidak ada yang salah dan benar disana yang ada adalah menarik atau tidak menarik untuk audiens anda.

Adopsilah ketiga poin diatas sebelum ada mempelajari public speaking sehingga mempermudah anda untuk menguasai ilmu tersebut dan tampil penuh percaya diri dihapan audiens

Semoga bermanfaat !

Dan mungkin saja, anda bertanya cara belajar presentasi yang hebat. Klik disini dan temukan jawabannya

MotivatorIndonesia | Training Motivasi | Public Speaking

Demikian dari saya Ongky Hojanto

Pakar Public Speaking Indonesia versi Koran Kontan

Penulis buku best seller Public Speaking Matery

Penulis buku best seller Trainepreneur

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *