Pages Menu
Categories Menu

Posted by on Aug 27, 2020 in Articles | 0 comments

Kebiasaan Seorang Motivator

“Pak Ongky, Apa yang harus saya lakukan saat tidak ada undangan untuk memberikan training?” Tanya Azmi salah satu peserta workshop Trainerpreneur ( Certified Trainer )

Motivator | Sebagai seorang trainer, anda tentunya tidak setiap hari memberikan training selama 1 bulan penuh. Bagi saya, waktu yang umum digunakan untuk memberikan training adalah Jumat, sabtu dan minggu. Di luar waktu tersebut ada beberapa hari yang benar-benar kosong dari pekerjaan training. Umumnya dua hal ini yang saya sempatkan untuk lakukan, apapun kondisinya :

  1. Menulis

Sebisa mungkin, saya sempatkan diri untuk menulis artikel yang kemudian saya posting di website www.OngkyHojanto.com atau di beberapa social media yang saya miliki. Menulis menerupakan salah satu senjata promosi yang efektif dan murah untuk membangun brand saya sebagai seorang pakar public speaking. Dan ibaratnya mencicil rumah dengan konsep KPR, dengan menulis rutin setiap hari maka anda secara tidak langsung sementara menyelesaikan buku anda.

Kumpulan artikel yang rutin anda tulis dapat di satukan untuk menjadi sebuah buku. Efek bola salju pun terjadi lagi, anda mendapatkan pendapatan tambahan dari menjual buku serta memperoleh penguatan brand akibat buku tersebut.

  1. Membaca

Bahan tulisan anda dapat berasal dari pengalaman anda atau juga muncul dari pengetahuan anda. Dan salah satu sumber pengetahuan adalah buku yang anda baca. Perkayalah wawasan anda dengan membaca beberapa buku yang memiliki hubungan langsung dengan kepakaran anda.

Penting untuk tidak menggunakan konsep yang anda baca menjadi bahan tulisan anda, karena ini juga menyangkut kode etik serta intergritas.

Jika anda ingin menutip beberapa poin dari sebuah buku, alangkah manisnya jika anda menyertakan sumber kutipan anda.

  1. Membangun networking

Sempatkanlah waktu untuk bertemu beberapa orang yang positif serta prospektif sehubungan dengan bisnis anda. Alokasikan sedikit Investasi untuk mengajak mereka makan siang atau sekedar minum kopi bersama anda. Bawalah hadiah, berupa buku atau CD untuk mereka karena orang pasti suka akan hadiah.

Semoga bermanfaat !

Dan mungkin saja, anda bertanya cara belajar presentasi yang hebat. Klik disini dan temukan jawabannya

MotivatorIndonesia | Training Motivasi | Public Speaking

Demikian dari saya Ongky Hojanto

Pakar Public Speaking Indonesia versi Koran Kontan

Penulis buku best seller Public Speaking Matery

Penulis buku best seller Trainepreneur

 

 

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *