Pages Menu
Categories Menu

Posted by on Apr 12, 2019 in Articles | 0 comments

3 virus ketidak percayaan diri

Motivator | Training Karyawan | “Ketidak percayaan diri adalah hasil bentukan dari proses hidup seseorang” Ongky Hojanto

Setelah menjalani lebih dari empat puluh kelas certified public speaking, saya mengamati dan melakukan konfirmasi hasil observasi saya kepada objek pengamatan saya dan hasilnya 99% asumsi saya akurat, sehingga saya bisa memastikan bahwa masalah utama dari ketakutan orang berbicara didepan umum atau ketidak percayaan diri dalam berbicara didepan umum adalah faktor keluarga dan orang tua.

Ada 3 faktor utama yang menggangu kepercayaan diri seseorang sehingga, ia tidak dapat mengekspresikan apa yang ingin di ungkapkannya :

  1. Orang tua yang Otoriter

Orang tua yang terlalu mengatur semua hal yang berhubungan dengan sang anak, saat masa tumbut mereka menyebabkan sang anak sulit untuk mengutarakan ide dan pendapat dia. Hal ini menyebabkan ketidak percayaan diri akan kemampuannya karena sejak kecil tidak pernah dilatih untuk mengutarakan ide atau pendapat.

  1. Orang tua yang memanjakan anak

Lawan dari orang tua yang otoriter adalah orang tua yang terlalu memanjakan anak disebabkan karena anak bungsu atau anak tunggal. Ini juga menjadi masalah dalam kepercayaan diri sang anak.

  1. Intervensi dari saudara

Memiliki saudara yang suka mengatur juga menjadi salah satu factor yang menyebabkan ketidak percayaan diri. Carmen, nama anak yang saya yang ketiga, jika diminta pendapat atau idenya, selalu menjawab tidak tahu atau terserah. Carmen, sulit membuat keputusan. Walaupun, hanya sekedar memilih baju yang ia pakai atau tempat makan yang ingin di kunjungi.

Saya penasaran apa yang terjadi dengan Carmen dan berusaha mengamati keseharian dia. Dan saya temukan bahwa Carmen sering mengalami intervensi dari kakak-kakaknya dalam keseharian dia.Misalnya, saat memakai sebuah baju, maka kakaknya yang tua akan meminta Carmen mengganti baju yang ia pakai dan mencocokan warna baju dengan warna baju yang di pakai oleh kakaknya.

Jika Carmen, mau bermain sebuah permainan maka kakak yang kedua akan meminta Carmen untuk memainkan permainan yang ia sukai dan bukan yang di pilih oleh Carmen. Akumulasi dari hal-hal ini yang menyebabkan Carmen kehilangan rasa percaya dirinya.

Bangunlah rasa percaya diri sang anak karena hal itu merupakan modal utama dalam karir, bisnis dan dalam pergaulannya kelak.

Semoga bermanfaat !

Dan mungkin saja, anda bertanya cara belajar presentasi yang hebat. Klik disini dan temukan jawabannya

MotivatorIndonesia | Training Motivasi | Public Speaking

Demikian dari saya Ongky Hojanto

Pakar Public Speaking Indonesia versi Koran Kontan

Penulis buku best seller Public Speaking Matery

Penulis buku best seller Trainepreneur

 

 

 

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *