Pages Menu
Categories Menu

Posted by on Apr 13, 2019 in Articles | 0 comments

Permintaan Maaf dalam Public Speaking

Motivator | Training Karyawan | Saya pernah menulis artikel mengenai larangan bagi seorang Motivator atau Public speaker untuk memintaa maaf saat berbicara dalam seminar atau pelatihan. Akan tetapi, “apakah benar bahwa public speaker tidak dapat meminta maaf dalam konteks apapun ?”

“Tidak” Jawabannya. Ada 3 kondisi dimana seorang public speaker juga dapat meminta maaf dalam training yang ia lakukan, yakni :

  1. Membahas hal tabu

Saat anda akan membahas hal yang mungkin tabu untuk dibahas, akan tetapi penting untuk disampaikan, maka anda dapat memulainya dengan pernyataan maaf. Contoh : Anda menggunakan illustrasi berupa cerita seks dan ini harus disampaikan karena berhubungan erat dengan poin anda. Sehingga Anda tidak memiliki pilihan cerita atau illustrasi lain.

  1. Menceritakan kisah sensitif

Ketika menyampaikan hal yang sensitive tetapi penting untuk disampaikan anda dapat awali juga dengan permintaan maaf. Contoh : Anda membahas kebiasaan suku tertentu yang juga disetujui oleh audiens anda (bukan berdasaarkan opini anda)

 

  1. Memarahi peserta

Ada saatnya dimana anda harus memberitahu hal yang tidak berkenan kepada anda yang dilakukan oleh para peserta dan anda tidak memiliki kesempatan lain untuk menyampaikannya, selain pada saat anda berbicara.

Anda juga harus awali dengan permintaan maaf. Contohnya : Acara dimulai jam 09:00 akan tetapi para peserta berdatangan jam 10:00 anda dapat “memarahi” mereka dengan cara memberikan pencerahan mengenai pentingnya disiplin sebagai factor kunci penunjang kesuksesan dalam pekerjaan. Saya pernah melakukan hal ini, saat memberikan pelatihan disebuah kementrian dimana peserta datang terlambat dan acara harus menunggu kehadiran mereka.

Penting juga anda pahami, bahwa jika hal ini terpaksa anda lakukan anda harus memberitahukan alasan anda memarahi peserta, beritahu juga maksud positif anda kepada peserta. Dan alangkah baiknya, anda dapat menghubungkannya dengan topic anda atau memberikan beberapa contoh positif yang dapat mereka jadikan patokan.

Semoga bermanfaat !

Dan mungkin saja, anda bertanya cara belajar presentasi yang hebat. Klik disini dan temukan jawabannya

MotivatorIndonesia | Training Motivasi | Public Speaking

Demikian dari saya Ongky Hojanto

Pakar Public Speaking Indonesia versi Koran Kontan

Penulis buku best seller Public Speaking Matery

Penulis buku best seller Trainepreneur

 

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *