Pages Menu
Categories Menu

Posted by on Sep 1, 2019 in Articles | 0 comments

Berani Bertanya

Motivator | Motivator Indonesia | “Bertanya membuat anda kelihatan bodoh 1 menit, tetapi malu bertanya akan membuat anda bodoh seumur hidup” Tung Desem Waringin.

Liburan Idul Adha, saya habiskan bersama dengan anak-anak dengan mengikuti kemauan mereka. Pilihan anak yang tertua adalah pergi ke museum dan gallery seni dan tentunya ini di tentang oleh adik-adiknya yang lebih memilih ke Kidzania. Dan sebagai penganut “demokrasi”, saya berusaha melakukan akomodir kemauan dari anak-anak ini.

Namun, kurang ok kelihatannya jika liburan ini tidak diisi dengan “pesan moral” sebagai bagian pembelajaran mereka. Pesan utama yang ingin saya sampaikan kepada mereka adalah berani bertanya, akan tetapi jika hal ini hanya sekedar ucapan tidak akan berakar mendalam.

Jadi saya merancang skenario pembelajaran dengan memanfaatkan setiap moment yang dialami untuk dapat mengirimkan pesan  tersebut. H-2 saya mencari tiket kidzania melalui tiket.com dan seperti perkiraan diawal, sold out adalah kalimat yang tertera di layar laptop. Hal ini saya ungkapkan ke mereka. Ada sedikit rasa “sedih” yang terpancar. Dan sebelum kesedihan ini berlanjut, saya katakan “ayo fokus ke solusi.”

” Mereka kalian apa yang harus, papi lakukan ?” itulah pertanyaan yang keluar dari mulut saya. Ada banyak jawaban. Salah satu usulan yang muncul ada menelpon langsung ke Kidzania. Usulan ini pun dilakukan dan hasilnya asumsi pertama bahwa tiket sudah “sold out” tidak terbukti karena ternyata masih menyisahkan 1000 lembar lebih. 1-0 pekik saya dalam hati.

Sabtu siang setelah seminar, kami malakukan perjalanan ke Kidzania. Memasuki area parkir yang penuh di tambah dengan garis pembatas yang di pasang akan memberikan kesan kuat bahwa area dilantai ini benar-benar penuh dan kami harus kelantai atas. Saya lalu melontarkan pertanya kepada “pasukan” ini, ” coba perhatikan area parkiran ini, apakah benar-benar penuh” tanya saya.

“Belum tentu, Pa. Coba kita tanya dulu” jawab mereka. Benar saya, saat saya tanyakan kepada tukang parkir, tertanya masih ada 1 tempat yang kosong. 2-0 kata saya dalam hati. Di akhir liburan itu saya bertanya, apa yang kamu pelajari dari liburan ini, dari banyak jawaban yang mereka berikan salah satu adalah berani bertanya. Itu !

Semoga bermanfaat !

Dan mungkin saja, anda bertanya cara belajar presentasi yang hebat. Klik disini dan temukan jawabannya

Motivator | Training Karyawan | Public Speaking

Demikian dari saya Ongky Hojanto

Pakar Public Speaking Indonesia versi Koran Kontan

Penulis buku best seller Public Speaking Matery

Penulis buku best seller Trainepreneur

 

 

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *