Pages Menu
Categories Menu

Posted by on Oct 10, 2019 in Articles | 0 comments

Perkataan Sia-sia dalam Public Speaking

Motivator | Motivator Indonesia | ” Jangan membuang waktu audiens anda hanya untuk mendengarkan perkataan kosong dalam seminar ”

Mengantuk, bosan, jenuh adalah beberapa tanda bahwa anda gagal dalam memenangkan hati dan pikiran audiens anda saat membawakan presentasi atau public speaking. Ada banyak hal yang perlu di tinjau untuk menjawab penyebab kegagalan ini, akan tetapi satu hal yang pasti adalah isi presentasi yang tidak menarik, merupakan faktor tersebesar, oleh karena 80% waktu anda digunakan untuk menjabarkan isi presentasi anda

Hindari tiga hal ini dalam presentasi :

1.Himbauan

Presentasi yang berisi himbauan “kosong” akan membuat orang bosan dan gagal fokus. Buatlah himbauan anda menjadi berbobot dengan memberikan contoh kasus kenapa audiens anda harus melakukan himbauan itu, atau berikan lah inspirasi berupa cerita dengan format before – after, artinya hasil yang didapatkan orang seseorang akibat melakukan himbauan yang anda sampaikan.

2. Normatif

Kamus Besar Bahasa Indonesia, mengatakan Normatif adalah : berpegang teguh pada norma; menurut norma atau kaidah yang berlaku. Artinya anda terlalu kaku pada aturan umum dalam public speaking atau presentasi dan kekakuan identik dengan kebosanan. Berilah audiens hal baru atau cara penyampaian yang baru, tidak biasa atau berbeda dengan biasannya.

3. Mengajar tanpa dasar

Anda perlu memberikan beberapa contoh konkret seperti contoh kasus yang berhubungan dengan poin yang anda sampaikan. Perkuatlah fakta dan data saat anda menyampaikan poin yang berupa ajaran.

Dan mungkin saja, anda bertanya cara belajar presentasi yang hebat. Klik disini dan temukan jawabannya

Motivator | Training Karyawan | Public Speaking

Demikian dari saya Ongky Hojanto

Pakar Public Speaking Indonesia versi Koran Kontan

Penulis buku best seller Public Speaking Matery

Penulis buku best seller Trainepreneur

 

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *