Pages Menu
Categories Menu

Posted by on Mar 13, 2021 in Articles | 0 comments

Berbicara dengan Hati

Motivator | Motivator Indonesia | “Biarkanlah hatimu yang berbicara kepada hati audiens anda, dan lihatlah apa yang akan terjadi” Ongky Hojanto

Berbicara dengan hati, tidak berarti anda keluar dari konsep public speaking dan membiarkan pembicaraan anda “mengalir” tanpa arah yang jelas. Berbicara dengan hati adalah cara menegaskan pesan yang anda mau sampaikan. Berikut ini tiga cara berbicara dengan hati agar memberikan berdampak :

1. Empati

Berbicara dengan hati, memberikan ornamen rasa empati didalamnya. Dan rasa selalu akan membawa emosi terlibat disana. Perhatikan dan pahami apa situasi yang sementara di hadapi oleh audiens anda dan berikanlah sebuah kisah inspirasi yang penuh dengan empati didalamnya.

2. Katakan dengan cerita

Ceritakan dengan rinci tanpa anda yang anda “edit” dan biarkanlah audines anda mengalami jalan cerita yang utuh dari cerita anda. Cerita akan menghidupkan imajinasi dari audiens anda, sehingga mereka masuk kedalam. Ceritakan cerita mengenai diri anda, pengalaman anda yang berhubungan dengan pesan serta kondisi audiens saat itu.

2. Jangan Jaim dan tidak lebay

Menangislah jika memang anda ingin melakukannya. Tidak perlu malu atau menahan emosi anda saat menceritakan kisah anda. Biarkanlah audiens anda merasakan rasa yang anda sementara rasakan melalui cerita anda. Akan tetapi tidaklah lebay dengan melebih-lebihkan cerita tersebut atau bereaksi berlebihan terhadap cerita yang anda sampaikan.

Dan mungkin saja, anda bertanya cara belajar presentasi yang hebat. Klik disini dan temukan jawabannya

Motivator | Training Karyawan | Public Speaking

Demikian dari saya Ongky Hojanto

Pakar Public Speaking Indonesia versi Koran Kontan

Penulis buku best seller Public Speaking Matery

Penulis buku best seller Trainepreneur

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *