Pages Menu
Categories Menu

Posted by on Nov 23, 2019 in Articles | 0 comments

Pentingnya Soft Skill

Motivator | Motivator Indonesia | “Seberapa pentingkah soft skill dalam kehidupan kita ?”

Anda tentu masih ingat peristiwa kekerasan terhadapa juru parkir mall Gandaria City yang dilakukan oleh DR dr A Anwari H. Kertahusada, Sp.KFR, MARS, MHKES, SH. Beliau berdebat masalah parkir sebesar Rp 5000 dan pedebatan ini akhirnya berakhir di kantor polisi karena kekerasan penamparan, kepemilikan senjata api dan Dr dr AA juga meminta “korban” menyembah dan mencium kakinya.

Apa yang terjadi dengan DR dr AA ? dimana kecerdasan berpikir yang ia miliki ?

Dua hal  ini mungkin menjadi pertanyaan kita bersama. Salah satu jawaban dari masalah ini adalah Emosi yang diakibatkan oleh rendahnya softskill yang beliau miliki. Hal ini juga yang menjadi tangangan dalam dunia kerja, dimana banyak orang yang mencari kerja akan tetapi hanya sedikit yang memiliki kualifikasi tinggi seperti dituntut dalam dunia kerja.

Survei di tiga negara mengenai soft skill yang dominan dilapangan kerja mendapati 23 poin berikut ini :

Inisiatif, integritas, berpikir kritis, kemauan belajar, komitmen, motivasi, dapat diandalkan, komunikasi lisan, kreatif, kemampuan analitis, dapat mengatasi stres, menejemen diri, kemampuan menyelesaikan masalah, dapat meringkas, bekerja sama, flesibel, bekerja dalam tim, mandiri, mendengarkan, tangguh, berargumentasi logis, manajemen waktu.

Soft skill ini tidak diajarkan dalam bangku pendidikan formal akan tetapi menjadi tuntutan dalam pekerjaan dan kehidupan. Dan cara terbaik untuk memilikinya adalah dengan terus melatih secara bergantian.

Pilihlah softskill yang menurut anda belum anda miliki dan cobalah untuk mempraktekan secara terus menerus sehingga menjadi kebiasaan dan akhirnya tertanam menjadi karakter dalam diri anda.

Dan mungkin saja, anda bertanya cara belajar presentasi yang hebat. Klik disini dan temukan jawabannya

Motivator | Training Karyawan | Public Speaking

Demikian dari saya Ongky Hojanto

Pakar Public Speaking Indonesia versi Koran Kontan

Penulis buku best seller Public Speaking Matery

Penulis buku best seller Trainepreneur

 

 

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *