Pages Menu
Categories Menu

Posted by on Feb 7, 2020 in Articles | 0 comments

Berani Tampil Beda saat Public Speaking

Motivator | Motivator Indonesia | “Pak, apakah saya bisa menggunakan cara ini untuk presentasi formal di pemerintahan ?” tanya Neni, salah seorang peserta di kelas Public Speaking Mastery.

“Bisa, tapi apakah ibu berani melakukannya ?” Jawab saya.

Pengalaman saya selama 11 tahun di dunia training, membuat saya memiliki banyak kesempatan untuk menggali teknik-teknik public speaking yang baik dan menarik.

Menarik akan datang sesuatu yang tidak biasa atau tidak umum serta jarang dilakukan oleh kebanyakan orang. Dampak postifnya adalah hal ini unik dan mendatangkan perhatian dari audiens anda. Namun, dampak negatifnya adalah anda akan kelihatan “aneh” karena melakukan sesuatu yang beda.

Disinilah butuh keberanian diri untuk tampil beda. Ada tiga aspek yang beda yang dapat anda tampilkan saat berbicara dihadapan audiens anda :

Pertama, kalimat pembuka.

Public Speaking Academy mengajarkan bahwa kalimat pembuka adalah kata “sacral” yang harus di susun dengan baik dan ini harus memberikan dampak seketika saat anda memulai presentasi. Anda dapat membuka dengan 9 teknik yang powerful, seperti : Kutipan, Cerita atau Pujian.

Kedua, isi presentasi.

Dikelas public speaking mastery, peserta di tekankan pentingnya logos ( data ) dan pathos (cerita) dalam sebuah presentasi. Logos akan meningkatkan kualitas presentasi anda karena penyampaian anda dilandasi oleh fakta dan data, sementara Pathos akan membuat presentasi anda “hidup”

Ketiga, kalimat penutup.

Salah satu kesalahan dari pembicara adalah lupa berhenti berbicara sehingga mereka tidak mengetahui cara terbaik mengakhiri sebuah presentasi. Anda sebetulnya dapat memilih beberapa teknik penutupan yang “memorable” seperti : kutipan, ajakan atau cerita. Dan akhirnya, semua ada konsekuensinya. Mau tampil beda ? anda dapat dikatakan aneh atau unik !

Motivator | Training Karyawan | Public Speaking

Demikian dari saya Ongky Hojanto

Pakar Public Speaking Indonesia versi Koran Kontan

Penulis buku best seller Public Speaking Matery

Penulis buku best seller Trainepreneur

Dan mungkin saja, anda bertanya cara belajar presentasi yang hebat. Klik disini dan temukan jawabannya

Untuk In House Training Hubungi Fonny 08113440909

 

 

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *