Pages Menu
Categories Menu

Posted by on Jan 12, 2018 in Articles | 0 comments

4 – MAT Untuk Mempertahankan Perhatian Audiens

4 – MAT Untuk Mempertahankan Perhatian Audiens

Motivator Indonesia | Menarik perhatian audiens anda dari kata “pergi” adalah salah satu tujuan utama dalam presentasi. Namun, seberapa sering kita mendengar perkenalan yang tidak mampu membujuk kita dan kadang membuat kita malas ?

4-MAT (dibaca ‘format’) menyajikan proses dan struktur sederhana yang mudah, ampuh, dan efektif. Struktur ini berisi 4 pertanyaan kunci. Jika anda mampu menjawab seluruh pertanyaan dalam waktu dua atau tiga menit pertama, maka audiens anda akan memperhatikan anda.

Keempat format (4-MAT) pertanyaan itu adalah :

Mengapa ?

Apa ?

Bagaimana ?

Bagaimana jika ?

Dalam setiap kelompok tempat anda berbicara, anda akan menemukan beberapa orang yang menganggap salah satu pertanyaan tersebut adalah yang terpenting. Berpikirlah sesaat untuk menentukan mana yang ingin anda jawab.

Mana yang penting bagi anda ?

Baca Juga : Mempertahankan Perhatian Audiens

Jawablah pertanyaan dengan urutan yang sesuai dengan diatas, karena jika anda tidak menjawab ‘mengapa’ untuk pertama kali, maka semua orang penganut ‘mengapa’akan menolaknya. Audiens tidak akan mendengarkan anda hingga anda memberi mereka alasan untuk berbuat demikian. Anda tidak perlu melakukannya dalam waktu lama, tetapi anda memang perlu menyampaikan pertanyaan ini terlebih dahulu.

Jika anda merasa mungkin akan mendapat perlawanan, atau ingin mendapat lebih banyak perhatian, anda bisa selalu mengawali dengan serangkaian kata “YA”.

Lakukan semua ini dan anda akan menguasai materi presentasi yang akan mempesona seluruh audiens anda. Rasa percaya diri anda pun akan meningkat ! (Mardiana Fitriani)

 

Public Speaking Jakarta | Seminar Public Speaking | Public Speaking Indonesia 

Anda juga dapat belajar cara presentasi yang baik, klik Disini dan temukan jawabannya

Tingkatkan kemampuan presentasi anda dengan klik www.publicspeakingacademy.co.id  atau hubungi 0812 4950 909

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *