Pages Menu
Categories Menu

Posted by on Mar 16, 2018 in Articles | 0 comments

4 Cara Mengevaluasi Presentasi Anda

4 Cara Mengevaluasi Presentasi Anda

Motivator Jakarta | Dinilai oleh orang lain tidak pernah mudah. Kita dapat memperbaiki hanya dengan memperbolehkan orang lain yang lebih berpengalaman menilai penampilan kita. Singkirkan harga diri anda, menurut anda bagaimana pembicara terkenal memiliki kemampuan berbicara di depan umum dengan sangat baik ? Pembicara, pengajar, dan penasihat yang lain membantu diri mereka untuk menyempurnakan ketrampilannya.

Mintalah tanggapan setiap kali anda berbicara di depan umum. Tanggapan tersebut membantu anda memperbaiki presentasi anda selanjutnya. Meminta tanggapan atau menempatkan seorang teman sebagai pendengar untuk memberikan komentar atas penampilan anda adalah cara terbaik untuk memperbaiki ketrampilan presentasi anda.

Baca Juga : Sikap Mental Sebelum Presentasi

Berikut beberapa cara untuk mengevaluasi presentasi anda :

1. Menyingkirkan Ego

Kritik membangun terhadap presentasi anda tidak ditujukan kepada pribadi anda. Milikilah keyakinan dan kepercayaan diri untuk tidak menganggap tanggapan sebagai serangan pribadi, tetapi hanya sebagai cara untuk memperbaiki ketrampilan presentasi anda.

2. Mintalah Tanggapan secata Tertulis

Formulir penilaian sangat bagus karena anda dapat menggunakannya nanti sebagai acuan dan membangkitkan ingatan tentang pokok persoalan yang dipelajari. Jika anda menerima tanggapan secara lisan, catatlah daripada harus mengingatnya.

3. Memperhatikan dan Membaca Audiens

Reaksi audiens merupakan indicator terbaik dari suksesnya presentasi anda. Mereka akan memberi tahu anda dengan bahasa tubuh, lewat komentar dan tepuk tangan mereka. Tinggallah di tempat setelah presentasi untuk mencari tahu pemikiran mereka. Anda akan mengetahuinya dari jumlah audiens yang menghampiri anda.

4. Dua Pikiran Lebih baik daripada Satu

Sebelum presentasi, selalu berbagi pidato dengan seseorang untuk mendapatkan kritik, memberikan perhatian khusus dari awal hingga akhir. Sama juga, mintalah seseorang memeriksa materi tertulis apapun yang akan anda bawakan ketika presentasi, kesalahan ejaan dan tata bahasa membuat anda tampak kelihatan kurang hati-hati dalam mempersiapkan materi presentasi. (Mardiana Fitriani)

 

Motivator Indonesia | Mario Teguh

Pelajari teknik presentasi yang baik bersama Motivator Jakarta dengan klik www.publicspeakingacademy.co.id  atau hubungi 0812 4950 909

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *