Pages Menu
Categories Menu

Posted by on Aug 17, 2020 in Articles | 0 comments

5 M Teknik Menulis (Artikel)

Motivator Indonesia | Ada banyak jenis artikel yang dapat kita temukan, misalnya liputan berita, fitur, sosok, artikel panduan, dsb. Meskipun masing-masing jenis artikel memiliki ciri-ciri khusus, ada kesamaan ciri yang umum. Training Motivasi | Mulai dari merangkai bentuk, melakukan penelitian hingga menulis dan menyunting hasil tulisan Anda, dengan menulis artikel Anda bisa berbagi informasi yang penting dan menarik kepada para pembaca.

Baca Juga : Konsep Dasar Komunikasi

Berikut 5 M dalam menulis :

  1. Membentuk Gagasan Penulisan

Kenali jenis artikel yang akan Anda tulis. Sambil memikirkan topik dan fokus penulisan, pikirkan juga jenis artikel yang sekiranya paling tepat untuk menyampaikan gagasan yang akan Anda komunikasikan. Sebagian jenis artikel lebih cocok untuk menyampaikan topik-topik tertentu. Pelajari dan pertimbangkan topik Anda berulang kali.

  1. Meneliti Gagasan Penulisan

Pelajari topik dan argumentasi Anda. Mulailah meneliti topik spesifik dan argumentasi Anda. Lakukan penelitian lebih daripada sekadar penelitian awal yang telah Anda lakukan sebelumnya.

  1. Menyusun Kerangka Tulisan

Tentukan panjang artikel Anda. Apakah artikel ini perlu memiliki jumpah kata tertentu? Apakah Anda memiliki batas jumlah halaman? Pikirkan jenis topik yang dibahas dan seberapa pembahasan itu membutuhkan ruang penulisan. Selain itu, pikirkan juga berapa banyak yang perlu ditulis untuk membahas topik ini agar pembahasannya cukup tuntas.

  1. Menulis Artikel

Tulis bagian pendahuluan. Paragraf pendahuluan yang baik sangatlah penting untuk meraih minat pembaca. Dalam beberapa kalimat awal, pembaca akan menentukan apakah seluruh artikel Anda layak dibaca atau tidak.

  1. Menyelesaikan Tulisan

Sunting tulisan Anda. Luangkan waktu untuk menyunting dan memperbaiki artikel Anda. Jika memungkinkan, tunggu satu atau dua hari sebelum Anda menyunting. Ini membantu untuk memberi jarak yang Anda butuhkan. Dengan demikian, Anda akan dapat membaca artikel Anda dengan pandangan mata yang segar, seperti membacanya untuk pertama kali.

Untuk dapat menulis artikel yang singkat namun mengalir dengan baik, Anda perlu mempersempit topiknya. Ini akan menghasilkan pembahasan yang lebih spesifik yang dapat Anda tulis, sehingga isi tulisan artikel itu menjadi lebih kuat.

Semoga Bermanfaat!

Training JakartaMerry Riana

Dan jika Anda ingin menjadi Trainer yang handal dan powerfull . Silahkan klik Trainerpreneur.com atau hubungi Fitri – Pusat Trainerpreneur di 0811-349-0909

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *