Pages Menu
Categories Menu

Posted by on Apr 15, 2019 in Articles | 0 comments

Jadi Trainer Mengesankan. Begini Caranya!

Motivator Indonesia | Seorang trainer misalnya, dia bisa menjadi trainer yang bagus dan mengesankan, apakah dia langsung sukses setelah dia memberikan pelatihan pada orang lain? Belum tentu, menjadi trainer itu kelihatannya mudah kalau kita perhatikan.

Seorang Trainer tentu juga menginginkan tetap mengesan di hati para pesertanya. Training Motivasi | Kesan pertama akan sangat menentukan ”marketable” seorang fasilitator. Trainer yang mampu membuat para pesertanya terkesan, akan membuat trainer yang bersangkutan semakin laku. Paling tidak apa yang disajikan olehnya akan tetap diingat oleh para peserta yang pernah dilatihnya.

Baca Juga : Communication Mastery

Berbagai tips membuat kita sebagai trainer mengesankan, antara lain:

  1. Tampil beda.

Tampil beda selalu akan membuat orang lain mempunyai kesan khusus sekalipun beda secara negatif. Tentu seorang fasilitator tidak akan membuat keputusan untuk tampil beda secara negatif, misalnya dengan berpakaian yang kurang pantas atau berbicara yang jorok-jorok.

  1. Sajikan materi kita dengan teknik yang berbeda dari penyaji-penyaji sebelumnya. 

Kalau biasanya materi tersebut disajikan dengan ceramah dengan bantuan power point saja, cobalah dengan teknik diskusi, atau dengan teknik debat aktif. Kalau biasanya sudah disajikan dengan teknik diskusi, cobalah dengan teknik games dan sebagainya.

  1. Sajikan materi dengan sistematis. 

Materi yang sistematis akan mudah dipahami. Materi yang dipahami dengan baik membuat peserta bertahan sampai akhir sesi kita. Sebelum menyajikan materi alangkah baiknya jika kita sajikan terlebih dahulu tujuan sesi, kerangka dasar materi, dan langkah-langkah kegiatan yang akan dilaksanakan pada pelatihan tersebut.

  1. Tampilan presentasi (power point) yang menarik perhatian.

Power point merupakan pusat perhatian ke-2 setelah fasilitator. Selain sebagai pusat perhatian power point juga membantu fasilitator untuk terus menyajikan materi dengan sistematis sesuai dengan perencanaan. Power point juga akan membantu fasilitator untuk tidak melupakan atau melewatkan langkah-langkah kegiatan.

Silakan Anda terapkan cara-cara di atas, cepat atau lambat tergantung pada upaya yang Anda lakukan untuk sungguh-sungguh menerapkan ilmu yang sudah Anda dapatkan.

Semoga Bermanfaat!

Training JakartaMerry Riana

Dan jika Anda ingin menjadi Trainer yang handal dan powerfull . Silahkan klik www.ongkyhojanto.com 

Hubungi Mareti 08113440909

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *