Pages Menu
Categories Menu

Posted by on Apr 6, 2018 in Articles | 0 comments

5 Formula untuk Menyampaikan Pesan Anda

5 Formula untuk Menyampaikan Pesan Anda

Motivator| Menyampaikan maksud anda secara jelas, mengutarakan masalah anda, membuat anda di dengar. Akan ada saatnya ketika semua itu menjadi sangat penting bagi anda. Pertanyaannya adalah bagaimana anda mengatur pikiran dan ide anda sedemikian rupa, sehingga anda mampu memperoleh tanggapan yang anda inginkan ?

Pertama, hal itu tergantung pada adakah masalah yang ingin anda ungkap agar diperhatikan, atau apakah anda ingin mengusulkan solusi bagi masalah yang telah ada. Inilah dua format yang ampuh. Selain sangat membantu dalam menyusun argumentasi anda, keduanya mengandung manfaat tersembunyi.

Baca Juga : Metode Penyampaian Saat Public Speaking

Ada 5 formula yang harus anda perhatikan untuk menyampaikan pesan anda :

– Nyatakan Masalahnya

Pelajari faktanya agar presentasi anda mampu menjadi solusi bagi masalah yang dihadapi, tekankan latar belakang masalah, selanjutnya uraikan masalahnya dengan jelas.

– Konsekuensi Negatif

Kenali konsekuensi negatif yang akan terjadi akibat masalahnya. Pada tahap ini, jagalah agar pengamatan anda bersifat umum dan objektif. Sehingga semua yang spesifik akan menyusul.

– Pengalaman Pribadi

Berikan contoh baik dari pengalaman anda sendiri dalam memecahkan masalah dan pengaruhnya terhadap diri anda.

– Bukti

Perlihatkan fakta dan informasi yang mendukung dan memperjelas situasinya. Inilah maksud yang memberikan rincian khusus kepada anda yang akan memperkuat posisi anda. Gunakan bukti dari pihak ketiga, selain pengalaman pribadi. Anda perlu mengumpulkan bukti dari siapapun yang merasakan imbas dari masalah yang sedang dihadapi.

– Ringkasan

Nyatakan kembali masalahnya sebagai topik utama untuk menjamin audiens anda telah memahami dengan jelas. Jabarkan tindakan apa yang perlu diambil untuk memecahkan masalah tersebut.

Yang harus anda lakukan adalah mempertimbangkan, mengingat situasi ketika anda berada, jenis informasi apa yang akan berguna bagi pendengar anda, dan mampu membangkitkan minat audiens dalam sebuah percakapan. Agar anda merasa benar-benar percaya diri tentang kemampuan anda untuk menjaga percakapan berjalan mulus, dalam situasi apapun, maka merencanakan adalah kuncinya. (Mardiana Fitriani)

 

Motivator Jakarta | Motivator Indonesia | Mario Teguh

Pelajari teknik presentasi yang menarik bersama Motivator dengan klik www.publicspeakingacademy.co.id  atau hubungi 0812 495 0909

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *