Pages Menu
Categories Menu

Posted by on Dec 17, 2020 in Articles | 0 comments

3 Langkah Kunci Rahasia Anda menguasai Teknik Public Speaking

Motivator | Motivator Indonesia | Seseorang harus memahami kepribadiannya sebelum menciptakan sebuah komunikasi. Memang sangat sulit untuk berkepribadian seperti yang kita inginkan, dalam hal ini ingin menjadi orang yang selalu siap tampil berbicara di depan banyak orang. Akan tetapi, hal tersebut bukanlah sesuatu yang tidak mungkin. Hal ini seiring dengan pendapat Andrew McCarty, Ph. D dalam bukunya yang berjudul Berpikir Positif (2007),  bahwa  berpikir positif dan memberikan penghargaan yang tinggi terhadap diri sendiri merupakan hal yang sangat penting dan mendasar untuk memperbaiki kepribadian.

Di Indonesia sendiri, masyarakat cenderung menghargai dan menerima seseorang yang mampu menyampaikan ide-idenya dalam bahasa yang dimengerti oleh publik. Hal ini membuktikan bahwa kemampuan komunikasi, khususnya Public Speakingmenjadi kemampuan yang mutlak harus dimiliki setiap individu agar mampu bersaing di zaman yang semakin dinamis.

Tujuan Public Speaking tidak terlepas dari tujuan komunikasi, yaitu menyampaikan pesan atau ide kepada publik dengan metode yang sesuai sehingga publik bisa memahami pesan atau ide, dan kemudian memperoleh manfaat dari pesan tersebut.

Baca Juga: 3 Langkah Sakti Anda Menjadi Public Speaker

3 Langkah Kunci Rahasia Anda Menguasai Teknik Public Speaking;

1  Perhatikan Kontak Mata
Mata merupakan alat yang terpenting untuk berbicara selain telinga. Ini tidak berarti bahwa anda harus memandang pendegaran secara terus – menerus. sesekali anda perlu juga mengalihkan pandangan atau mengejapkan mata secara wajar. Selain itu kontak mata juga memungkinkan anda untuk dapat langsung “membaca” pikiran pendengar secara tepat.

2  Bicaralah Agak Keras Agar Cukup Terdengar
Dalam presentasi, mayoritas pembicaraan akan dilakukan oleh satu pihak. Dan presentasi sendiri bisa berlangsung dalam waktu yang cukup panjang, bisa jadi 10 menit, 30 menit sampai dengan 90 menit. Selama jangka waktu itu audiens hanya duduk mendengarkan apa yang disampaikan oleh pembicara. Gunakanlah suara yang agak keras dan jelas agar audiens anda tidak jenuh dan paham dengan apa yang anda bicarakan tersebut.

3 Hilangkan Kebiasaan Latah
Tarik napas panjang atau nyanyikan lagu-lagu yang menyenangkan. Atau, anda bisa lakukan latihan relaksasi, meditasi, dan konsentrasi secara rutin. Jika memang perlu ketenangan, keluarlah dari lingkungan yang membuatmu stres dan berpotensi memunculkan latah.

Posted by: Puput

Mario Teguh

Pelajari teknik menjadi Public Speaker bersama Motivator Indonesia dengan klik www.publicspeakingacademy.co.id  atau hubungi Puput 0812 4950 909

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *