Pages Menu
Categories Menu

Posted by on Jan 9, 2020 in Articles | 0 comments

Salah masuk kelas

” Trainernya goblok !”

“Cuma segitu?”

“Bayar mahal ngak dapat apa-apa”

Motivator  Tiga ucapan diatas mewakili kekecewaan peserta seminar yang tidak puas dengan seminar yang mereka ikuti. Kekecewaan karena merasa “tertipu,” kehilangan waktu dan telah mengeluarkan energi untuk mengikuti seminar adalah dasar mereka untuk “memaki” kepada si trainer.

Peserta seminar ini tidaklah salah, mereka hanya tidak jeli dalam memilih kualitas guru yang mereka datangi untuk belajar. Saya selalu yakin bahwa semua trainer pasti membagikan hal yang baik dan bermanfaat namun dengan tingkatan kebutuhan yang berbeda. Peserta hanya salah masuk kelas dan saya yakin selama sekolah minimal sekali anda pernah salah masuk kelas, betul ?

Trainer dan Motivator adalah seorang guru yang memiliki tingkat pengalaman dan pengetahuan yang berbeda satu dengan yang lainnya. Tidak mungkin memaksa guru sekolah dasar untuk memberikan kuliah paska sarjana dan sulit untuk meminta seorang doktor mengajar akan kelas satu sekolah dasar. Setiap orang memiliki peran yang berbeda.

Lakukan tiga hal ini agar anda tidak salah masuk kelas :

1. Latar belakang

Perhatikan dan cari tahu latar belakang pendidikan (formal dan informal) dan pengalaman si trainer atau motivator sehingga anda dapat mencocokan dengan tingkat kebutuhan anda. Amati juga presentasi yang ia torehkan, serta buku yang ia tulis. karena buku adalah bukti otentik dari kompetensi seseorang

2. Materi yang di bahas

Perhatikan materi yang dibahas, apakah sesuai dengan apa yang anda butuhkan ? dan tanyakanlah kepada si motivator atau stafnya jika ada beberapa hal yang tidak jelas sehubungan dengan materi training tersebut.

Baca Juga : Keraskan Hidupmu

3. Review dari orang lain

Cek review dari para peserta yang pernah mengikuti pelatihan si trainer agar anda mendapatkan pandangan dari pihak ketiga yang pernah berinteraksi di kelas atau seminar yang di buat.

Jangan salahkan orang lain untuk ketidak maksimalan hasil yang anda dapatkan, karena anda hanya salah masuk kelas !

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *