Pages Menu
Categories Menu

Posted by on Jan 13, 2020 in Articles | 0 comments

Pentingnya narasi angka dalam presentasi

Pidato Presiden Joko Widodo saat membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2019, menyedot perhatian besar dan para warganet bukan karena isi dari pidato tersebut, akan tetapi kalimat pembuka mengenai komoditas termahal di dunia, salah satunya adalah racun kelajengking. “Racun kalajengking bisa mencapai harga Rp 145 miliar / liter, jadi pak Gubernur, Pak Bupati, Pak Walikota kalau mau kaya cari racun kalajengking” ucap beliau.

“Yang kedua adalagi komoditas yang supermahal namanya californiom 252 zat kimia yang di pakai untuk eksplorasi minyak dan gas harganya Rp 375 miliar/ gram, yang paling mahal. Tetapi Bapak / Ibu sekalian meskipun ada komoditas yang paling mahal yang sudah saya sebutkan,  tetapi yang paling mahal adalah waktu, perlu digaris bawahi adalah waktu” kata Jokowi dalam pidatonya.

Motivator | Tentunya Jokowi tidak sungguh-sungguh meminta orang untuk berternak kalajengking akan tetapi beliau hanya ingin memberikan nilai terhadap waktu dengan membandingkannya dengan beberapa harga komoditas termahal sehingga pendengar dapat memperoleh gambaran angka mengenai mahalnya harga sebuah waktu.

Baca Juga : Google map & Coach

Memberikan gambaran dalam bentuk angka dalam sebuah presentasi selain membuat presentasi anda menjadi menarik juga akan memasukan informasi yang anda sampaikan ke tingkat berpikir yang lebih dalam di benak pendengar sehingga penyampaian anda tidak gampang menguap.

Belajar dari kasus diatas, maka cobalah untuk membangun narasi presentasi anda dengan membumbui angka. Misalnya :

“Indonesia negara yang kaya” di ganti menjadi :

” 125 juta hektar hutan di Indonesia lebih luas dari daratan eropa. 1,9 juta km luas lautan kita. Tambang emas di Papua dengan cadangan 29,8 juta troy ounces  emas, Indonesia adalah negara yang kaya”

Salam Hebat

Ongky Hojanto
Founder Motivator ACademy & Public Speaking Academy

Inspirator Sukses no 1 Indonesia (versi majalah info bisnis Internasional)

Yuk, ngobrol bersama saya? FOLLOW saya di twitter: @ongkyhojanto. Atau, LIKE saya di facebook

Dan jika anda ingin meningkatkan kemampuan presentasi atau Public Speaking anda, silahkan hub 08113440909 or  08113490909

 

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *