Pages Menu
Categories Menu

Posted by on Feb 10, 2020 in Articles | 0 comments

Antara Avenger dan Games of Thrones

Pidato Jokowi pada forum International Monetary Fund dan World Bank 8-14 okotber 2018 di Bali, menjadi pembicaraan hangat, sekaligus menempatkannya menjadi trending topic dunia di lini masa twitter. Jokowi menggambarkan kondisi perang dagang saat ini seperti serial games of thrones dimana persaingan yang saling mengalahkan hanya akan menyebabkan kerusakan pada kondisi dunia.

Motivator | Menggunakan perumpamaan dalam pidatonya, bukan hal baru untuk Jokowi. Saat World Economic Forum ASEAN di Hanoi, Jokowi mengibaratkan kondisi perekonomian dunia saat ini seperti dalam film Avengers: Infinity War. Sosok bernama Thanos mengancam memusnahkan setengah populasi bumi, karena ia percaya sumber daya planet Bumi terbatas.

Perumpamaan atau metafora yang dimasukan dalam sebuah pidato atau presentasi akan membantu audiens untuk memahami dan sekaligus memasukan pesan tersebut ke pikiran bawah sadar audiens sehingga pesan yang disampaikan akan tinggal lama di benak mereka.

Ada tiga sumber yang dapat anda gali untuk menemukan perumpamaan yang cocok untuk anda masukan kedalam pidato atau presentasi anda :

1.Film

Buatlah perumpamaan atau metafora yang mudah dipahami oleh audines anda. Jika itu merupakan cerita dari sebuah film maka pastikan film tersebut rata-rata di ketahui oleh audiens anda

2. Buku

Buku komik atau novel adalah sumber lain yang dapat anda gunakan untuk menemukan perumpamaan yang cocok untuk memperkuat poin bahasan anda. Contoh : sosok Thanos dapat anda ganti dengan sosok gober bebek yang serakah atau menyelesaikan masalah dunia yang rumit dapat anda metaforakan dengan tokoh Hercule Poirot dalam novel Agatha Christie yang selalu dapat memecahkan masalah yang ada.

3. Buat sendiri

Cara terakhir, perumpamaan ini dapat anda buat sendiri.

Contoh : Ada lima ekor anak ayam yang berkelahi di dalam sebuah kandang tertutup karena berebut makanan. Hingga suatu hari salah satu anak ayam dapat lolos dari kandang dan menemukan bahwa kandang mereka berada di lumbung padi yang banyak makanannya

Demikian dari saya Ongky Hojanto
Pakar Public Speaking Indonesia versi Koran Kontan
Penulis buku best seller Public Speaking Mastery

“Jika anda merasa bahwa Meningkatkan kemampuan Presentasi adalah sebuah keharusan, maka silahkan klik http://publicSpeakingacademy.co.id/workshop

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *