Pages Menu
Categories Menu

Posted by on Jan 4, 2019 in Articles | 0 comments

Tips Jitu Membuat Resolusi

Motivator | “Pak, bagaimana caranya membuat keseimbangan didalam hidup ? agar saya dapat merancang resolusi yang tetap di tahun 2019 ini.” Tanya Ardi salah satu peserta seminar saya.

Begitu banyak orang ingin membuat keseimbangan dalam kehidupannya dan tidak ada yang keliru akan hal tersebut. Namun, secara pribadi saya bukanlah orang yang dapat membuat hidup saya seimbangan. Mungkin karena saya belum sehebat orang-orang “penganut” Life Balance itu.

Bagi saya, hidup adalah skala prioritas. Dimana waktu, tenaga dan fokus saya hanya pada hal yang menjadi prioritas saat ini. Dan tentunya akan “mengorbankan” hal lain. Contoh : Tahun 2017 skala prioritas saya pada bisnis seminar dan pelatihan akibatnya kesehatan saya tidak terperhatikan sehingga beberapa “indikator laboratorium” menunjukan angka waspada. Menyadari akan hal tersebut ditahun 2018 saya mengganti skala prioritas dengan meningkatkan jam olahraga. Dan mamasuki tahun 2019 ini, saya mendapati celebrate & contribute serta Finance adalah hal yang perlu untuk menjadi perhatian sehingga fokus waktu dan tenaga saya arahkan ke sana.

Baca juga : Cara Atasi presentasi yang membosankan

Lalu, bagaimana anda mengehatui bidang apa saja yang menjadi skala prioritas untuk anda tingkatkan ? Tentunya dengan memberikan peniliaian kepada diri anda dengan memberikan angka-angka pada gambar dibawah ini :

 

Lakukanlah dengan jujur dan perhatikanlah dua aspek terendah dari 8 aspek di atas. Kemudian, putuskanlah apakah anda ingin meningkatkan diri diaspek tersebut. Jika tidak, maka carilah aspek yang lain. Abaikan aspek-aspek yang tidak menjadi fokus perhatian anda untuk saat ini.

Secara tidak langsung anda akan membuat hidup anda seimbang tanpa perlu terlalu risau jika di awal-awal ada aspek-aspek yang sedikit terabaikan. Karena, anda tidak dapat melakukan ke 8 aspek di atas secara bersamaaan dan kalaupun bisa, hasilnya tidak akan maksimal.

Untuk menjawab pertanyaan tentang teknik membuat presentasi lebih menarik klik Disini dan temukan jawabannya

Demikian dari saya Ongky Hojanto
Pakar Public Speaking Indonesia versi Koran Kontan
Penulis buku best seller Public Speaking Mastery

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *