Pages Menu
Categories Menu

Posted by on Jan 10, 2019 in Articles | 0 comments

10 Kegagalan Penyaji Materi dalam presentasi

“Tidak ada kegagalan tunggal dalam sebuah presentasi yang anda hanya faktor penyebab utama” Ongky Hojanto

Motivator | Terdapat banyak faktor penyebab sebuah presentasi mengalami kegagalan, akan tetapi faktor terbesar disebabkan oleh presenter atau penyaji karena ia adalah aktor utama selama presentasi berlangsung sehingga fokus dan perhatian audiens serta kontrol acara di pegang oleh penyaji.

Berikut ini sepuluh kategori penyaji yang di kelompokan sebagai penyaji yang gagal saat membawakan presentasi :

1. The Pitchman : orang yang hanya mengurusi kepentingan bisnisnya sendiri. Memanfaatkan setiap kesempatan forum apapun untuk kepentingan bisnisnya, dan bagian dari marketing bisnis pribadinya

2. The Apologizer : Orang yang terlalu rendah diri, penggelisah dan pencemas merasa tidak mampu, takut banya pertanyaan sehingga presentasinya tidak menarik dan membosankan.

3. The Antimiker : Orang yang terlalu percaya diri, sok tahu, dan sok gagah (bila sedang presentasi) enggan menggunakan pengeras suara.

4. The Nonwit : Orang yang bersikap terlalu formal, kaku, dan berkesan berhati-hati.Seringkali lelucon yang ia keluarkan “garing”

Baca Juga : Musuh Terberat dan Lawan terkuat

5. The Malvisiualizer : orang yang (dalam presentasi) tak menguasai alat bantu visual atau “gaptek”, walaupun ia membawa peralatan canggih tersebut saat presentasi

6. The Dullreaderr : orang yang hanya mau membaca teks kata-demi kata tanpa menghiraukan respon audiens

7. The Platituder : orang yang gemar berbicara ngalor-ngidul tanpa arah dan tidak focus, yang disampaikan kebanyakan masalah dirinya saja.

8. The Loner : orang yang cenderung memaksakan pendapatnya sendiri, tanpa menghiraukan pendapat, latar belakang, kerangka berpikir (frame of reference) dan kerangka pengalaman (frame of experience) audiencenya.

9. The Impresser : orang yang suka meniru gaya, suaranya maupun gesture orang lain, walaupun tidak cocok dengan karakternya sendiri

10. The Funster : orang yang gemar membual, asal bunyi, omong kosong dan bicara tidak relevan dengan topik yang anda.

Semoga bermanfaat !!

Demikian dari saya Ongky Hojanto
Pakar Public Speaking Indonesia versi Koran Kontan
Penulis buku best seller Public Speaking Mastery

 

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *