Pages Menu
Categories Menu

Posted by on Aug 13, 2020 in Articles | 0 comments

Presentasi ala Abah

Motivator | ” Otak manusia secara cepat akan mencari yang unik dan berhubungan dengan kepentingannya ” Tung Desem Waringin

Hal yang sama juga berlaku untuk pendengar atau audiens anda saat mendengarkan pidato atau presentasi anda. Sesuatu yang unik akan segera di tangkap sehingga menjadi perhatian.

Saat debat cawapres untuk pilpres 2019 antara KH Ma’ruf Amin dan Sandiaga Uno terdapat dua istilah yang menarik dipakai oleh Abah panggilan akrab KH Ma’ruf Amin, yakni Dudi untuk menyebut Dunia Usaha dan Dunia Industri serta tol langit untuk menggambarkan usaha pemerintah untuk memberikan akses internet kepada daerah yang masih “fakir sinyal” atau bahkan tanpa sinya sama sekali. Melalui program tol langit diharapkan seluruh wilayah Indonesia merdeka internet kecepatan tinggi sehingga melahirkan perusahan-perusahan raksasa seperti Traveloka, Go-jek, Bukalapak dan Tokopedia.

Singkatan ( DUDI ) dan metafora ( tol langit ) yang digunakan oleh Abah, menarik untuk di praktekan dalam presentasi anda. Berikut ini tiga tips membuat singkatan atau metafora dalam presentasi :

1. Lucu

Singkatan yang lucu akan mempermudah orang untuk mengingat apa yang anda sampaikan. Tol langit kedengaran lucu karena orang akan membayangkan jalan tol yang menembus awan.

Baca Juga : Pekerjaan adalah Pelayanan

2. Dapat di gambarkan

Kata DUDI mungkin akan membangkitkan bayangan kawan lama anda karena menyerupai nama manusia dan sekaligus memunculkan sosok tersebut dalam pikiran anda

3. Mudah di sebut

Hal terakhir yang di perhatikan adalah kemudahan penyebutan istilah atau singkatan yang anda buat.

Semoga bermanfaat !

Dan mungkin saja, anda bertanya cara belajar presentasi yang hebat. Klik disini dan temukan jawabannya

MotivatorIndonesia | Training Motivasi | Public Speaking

Demikian dari saya Ongky Hojanto

Pakar Public Speaking Indonesia versi Koran Kontan

Penulis buku best seller Public Speaking Matery

Penulis buku best seller Trainepreneur

 

 

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *