Pages Menu
Categories Menu

Posted by on Aug 25, 2020 in Articles | 0 comments

Rahasia Menjadi Ahlinya ahli

Motivator | “Ahlinya ahli, intinya inti, core of the core” kalimat yang sering diucapkan oleh pak nduk seorang youtuber yang lagi viral saat ini. Pria asal Madiun bernama lengkap Agung Sukoco berhasil menarik 600 k subscriber yang setia menonton karya-karya nya di youtube. Berbekal pengetahuan yang luas mengenai beberapa istilah di bidang teknik, sains dan internet, ia “menjelma” menjadi karakter pak Ndul.

Jika ingin menjadi ahlinya ahli, intinya inti dan core of the core dalam sebuah bidang atau kata lainnya master di bidangnya, maka ada tiga hal yang harus di lakukan :

1. Galilah sumur hingga dalam

Kalimat di atas adalah nasehat dari guru saya Tung Desem Waringin saat saya mohon izin ke USA untuk belajar NLP. Beliau sampaikan, belajarlah dari yang terbaik. Ibarat kalau mau menggali sumur harus dalam agar mendapatkan mata air yang jernih. Jika menggeluti sebuah bidang haruslah terus belajar hingga paten karena mendapatkan pengetahuan dari orang-orang terbaik di bidang tersebut.

2. Praktekan ilmu hingga matang

Hal kedua adalah ilmu yang telah ada harus di praktekan berulang-ulang agar matang dalam penguasaan anda. Menceritakan pengalaman di tambah pengetahuan yang telah anda pelajari akan menjadi satu paket pengajaran lengkap dan menarik untuk di dengarkan

Baca Juga : Simplifikasi Dalam Presentasi

3. Ajarkan ilmu sebagai amalan

Dan hal terakhir adalah mengajarkan ilmu yang telah anda praktekan kepada orang lain. Dalam teori The learning pyramid, mengatakan setelah 24 jam mempelajari sesuatu, maka 90% apa yang kita pelajari akan tetap di ingat apabila kita langsung mengajarkan hal tersebut kepada orang lain. Jadi pastikan ilmu yang telah anda gali dan praktekan akan terus menepel dalam diri anda dan menjadi amalan anda karena anda mengajarkan hal tersebut.

Demikian dari saya Ongky Hojanto

Pakar Public Speaking Indonesia versi Koran Kontan

Penulis buku best seller Public Speaking Mastery

Mau tingkatkan kemampuan public speaking anda ? KlikĀ www.publicspeakingacademy.co.id

 

 

 

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *