Pages Menu
Categories Menu

Posted by on Aug 29, 2020 in Articles | 0 comments

Cara mengatasi penggangu saat Public Speaking

Motivator ” Anda diam dulu, diam dulu, Anda diam dulu. Ini ratusan ribu sedang mendengar ya. Anda diam dulu, kita saling menghormati. Adinda, yang ada sabar. Maklum semangat. ” sepenggal kalimat dari Prabowo saat menegur seorang peserta kampanye akbar yang berlangsung meriah di GBK.

Memang mengesalkan jika sementara pidato, orasi atau public speaking dan melihat ada peserta yang asik ngobrol dengan peserta lain. Beberapa pilihan bisa di lakukan selain marah-marah ke peserta.

1. Framing

Pastikan anda memberi tahu agenda anda di awal dan mengaitkan dengan kepentingan audiens anda, karena orang tidak akan peduli apa yang anda bicarakan sampai mereka mengetahui bahwa apa yang anda sampaikan ada hubungan langsung dengan “nasib” mereka.

2. Silence

Cobalah untuk berhenti berbicara beberapa detik dan amati respon dari pendengar anda, biasanya mereka akan menyadari situasi ini dan mulai menegur satu sama lain untuk berhenti berbicara. Dan cobalah mengalihkan pandangan anda ke peserta yang sementara berbicara itu. Pastikan juga anda jangan terlalu lama untuk diam.

Baca Juga : Kode Keras Public Speaking anda membosankan

3. Interrupt

Saat ada peserta yang asik berbicara sementara anda presentasi, cobalah untuk lakukan interupsi dengan bertanya apakah mereka punya pertanyaan untuk di tanyakan.

“Bapak / Ibu berdua dibelakang, ada pertanyaan yang ingin ditanyakan ?”Biasanya mereka akan mengatakan tidak ada. Anda pun dapat melakukan permintaan kepada mereka untuk memperhatikan presentasi anda

“Kalau tidak ada pertanyaan, bantuk untuk perhatikan didepan karena ini penting untuk anda. Terima kasih”

Namun, tentunya tidaklah mudah mengendalikan masa yang jumlahlah hampir 150.000 seperti kampanye Akbar di Gelora Bung Karno

Semoga bermanfaat !

Dan mungkin saja, anda bertanya cara belajar presentasi yang hebat. Klik disini dan temukan jawabannya

MotivatorIndonesia | Training Motivasi | Public Speaking

Demikian dari saya Ongky Hojanto
Pakar Public Speaking Indonesia versi Koran Kontan
Penulis buku best seller Public Speaking Matery

Penulis buku best seller Trainepreneur

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *